SUBTEMA 1
KEBERSAMAAN DI RUMAH
MATEMATIKA:
1.1 Mengenal Pecahan ½ :
•
Amatilah gambar roti dibawah ini untuk menentukan nilai pecahan:
•
Siswa menemukan konsep pecahan ½ dari gambar.
•
Siswa menuliskan lambang pecahan ½ dan membaca lambang pecahan 1/2.
Catatan:
1. Pecahan merupakan bagian dari keseluruhan ½
2. Terdapat 1 roti, kemudian dibagi menjadi 2 bagian yang sama besar.
1 bagian dari 2 bagian disebut .
3. Jika membagi roti menjadi 2 bagian tidak sama, maka 1 bagian tidak
dapat disebut ½ .
4. ½ :dibaca “setengah” atau “satu per dua” atau “seperdua”.
Ayo Be
•
Siswa memandingkan dua gambar yang masing-masing menunjukkan
dua bagian roti.
1.2 Mengenal Pecahan 1/3
1.3 Mengenal Pecahan ¼