Senin, 30 Maret 2020

RANGKUMAN MATERI KELAS 2 TEMA KEBERSAMAAN


MATERI PEMBELAJARAN KLAS 2 SDK SANTA AGATHA
TEMA 7 : KEBERSAMAAN
SUB TEMA 3 : KEBERSAMAAN DI TEMPAT BERMAIN

BAHASA INDONESIA

1.      Bermain bersama teman sangat mengasyikkan karena semakin banyak teman, yang ikut bermain semakin seru.
2.      Bermain harus di tempat yang aman, misalnya taman atau lapangan, agar terhindar dari bahaya.
3.      Ada banyak permainan yang bisa dilakukan di taman atau lapangan. Misalnya main bola, kejar – kejaran, bersepeda, atau petak umpet.
4.      Pada dongeng “Pipit dan Puput,, Burung yang cerdik” terdapat beberapa kosakata yaitu :
-          Asap ; Uap yang dapat dilihat yang dihasilkan dari pembakaran.
-          Ilalang atau alang-alang : Rumput yang berdaun tajam.
-          Musim : Waktu tertentu yang berhubungan dengan keadaan iklim atau cuaca. Contoh di Indonesia terdapat dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau.
-          Kemarau : Kering yang berhubungan dengan cuaca atau musim.
-          Hancur : Pecah menjadi kecil-kecil atau rusak.
-          Celaka : Mendapat kesulitan, kesusahan atau kemalangan.
-          Ide : Rancangan yang tersusun di dalam pikiran / otak. Bisa juga disebut gagasan.
-          Merdu : Baik dan sedap / enak didengar. Biasanya berhubungan dengan suara.
-          Cerdas : Perkembangan akal budinya sempurna untuk berpikir, mengerti, dan melakukan sesuatu.
-          Ulah : Tingkah laku, sikap, atau perbuatan yang menyalahi norma atau aturan yang berlaku di masyarakat.
-          Diskusi : Komunikasi antara dua orang atau lebih / kelompok untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah.
5.      Kata sapaan adalah kata yang digunakan untuk menegur sapa orang yang diajak bicara.
Contoh
Kalimat
Kata Sapaan
Jenis Kata Sapaan
Terimahkasih, Ayah.
Ayah
Kata kekerabatan
Terima kasih, Dokter.
Dokter
Profesi / jabatan
Terima kasih, Miming.
Miming
Nama diri
Terima kasih, Penonton.
Penonton
Nama pelaku
Terima kasih, Dik.
Dik
Kata kekerabatan

6.      Kata sapaan berhubungan dengan kesopanan dalam berbicara kepada orang lain.
7.      Kata sapaan juga dapat digunakan untuk petunjuk.
Contoh :
-          Untuk menanyakan kesehatan seseorang, kata sapaannya adalah apa kabar?
-          Untuk menolong sesorang, kata sapaannya adalah mari saya bantu.
-          Sapaan di siang hari adalah selamat siang.
-          Sapaan untuk menanyakan tujuan seseorang adalah mau ke mana ?
8.      Untuk menulis sebuah percakapan, selalu dimulai dengan nama yang berbicara, tanda “(koma pembuka), kalimat yang mau diucapkan, tanda baca, dan diakhiri tanda “(koma penutup)
Contoh : Percakapan antara Immel dan Berlian

Immel : “Berlian, ayo kita belajar bersama !”
Berlian : “Baik, Immel.”

9.      Dongeng dapat diceritakan kembali dengan kata – kata sendiri.
10.  Selalu ada pelajaran yang kita dapatkan dari sebuah dongeng.

PPKn

1.      Di sekolah kita mempunyai banyak teman.
2.      Ada anak laki – laki da nada anak perempuan.
3.      Anak laki – laki dan perempuan memilki tinggi badan yang berbeda. Ada yang tinggi dan ada yang pendek.
4.      Setiap anak, memiliki  ciri fisik yang berbeda – beda. Misalnya :
-          Ada anak yang berkulit hitam, ada juga yang  putih. dan coklat.
-          Ada yang berambut lurus,ada juga yang keriting.
-          Ada yang bertubuh gemuk, ada juga yang kurus.
-          Ada yang bermata lebar / besar, ada juga yang sipit.
-          Ada yang tinggi, ada juga yang pendek.
5.      Perbedaan ciri – ciri fisik setiap anak adalah karunia Tuhan. Karenanya kita tidak boleh saling mengejek.
6.      Setiap anak mempunyai kekurangan dan kelebihan masing – masing.
7.      Kita harus menjaga kerukunan saat bermain bersama teman.
8.      Kerukanan tercipta bila semua mengikuti aturan
9.      Bermain bersama – samamembawa keceriaan, tidak ada perasaan sedih, kecewa atau kesal.
10.  Kta harus bersikap sportif saat bermain, maksudnya bila menang, tidak boleh sombong dan bila kalah, jangan marah.
11.  Selesai bermain kita berjabat tangan untuk memberi selamat kepada yang menang pertandingan.
12.  Berjabat tangan untuk berpisah dengan teman.
13.  Kita juga harus mengingatkan teman kita untuk bermain di tempat yang aman.
14.  Perbedaan agama, sifat, dan asal daerah, bukan masalah.
15.  Walaupun berbeda kita harus bekerja sama dan tidak merasa sombong.
16.  Kita berteman dengan semua anak.
17.  Kita juga menolong teman yang sedang susah.


MATEMATIKA

Bilangan Pecahan

1.      Bilangan pecahan adalah bilangan yang terdiri dari dua angka, yaitu angka sebagai pembilang dan angka sebagai pembagi atau penyebut.
2.      Bilangan pecahan mempunyai bentuk a , dengan b tidak sama dengan 0 (nol ).
                                                                     b

3.      a disebut pembilang dan b disebut penyebut.

Contoh :

-          1 / 2 = pembilangnya 1, penyebutnya 2.
-          1 / 3 = pembilangnya 1, penyebutnya 3.
-          1 / 4 = pembilangnya 1, penyebutnya 4.

4.      Bilangan Pecahan 1 / 2
 Contoh
Laskar mempunyai 1  biscuit, tetapi Laskar ingin Lionel juga dapat merasakan biscuit tersebut. Kemudian Laskar membagi biskuitnya menjadi 2 bagian yang sama besar.  Bagian pertama diberikan kepada Lionel dan bagian kedua  untuk Laskar. Maka Laskar dan Lionel sama – sama memperoleh setengah  atau satu per dua atau seperdua bagian dari biscuit tersebut. Lambang bilangan pecahan untuk setengah / satu per dua / seperdua adalah             1 / 2.

5.      Bilangan Pecahan 1 / 3
Contoh
Berlian mempunyai 1 buah apel. Berlian ingin membaginya kepada Miming dan Immel, maka Berlian membagi apel menjadi 3 bagian yang sama besar.  Bagian pertama diberikan kepada Immel, bagian kedua  diberikan kepada Miming dan bagian ketiga untuk Berlian. Berlian, Immel, dan Miming sama – sama memperoleh satu per tiga atau sepertiga bagian dari apel tersebut. Lambang bilangan pecahan untuk satu per tiga atau sepertiga adalah 1 / 3.

6.      Bilangan Pecahan 1 / 4
Contoh
Laura mempunyai 1 buah jeruk.Laura ingin membaginya kepada Yusup, Mely, dan  Rani. Laura membagi jeruk menjadi 4 bagian yang sama besar.  Bagian pertama diberikan kepada Yusup, bagian kedua  diberikan kepada Mely, bagian ketiga diberikan kepada Rani, dan  bagian keempat lagi untuk Laura, Laura,Yusup, Mely, dan Rani sama – sama meperoleh satu per empat atau seperempat bagian dari jeruk tersebut. Lambang pecahan untuk satu per empat atau seperempat adalah 1 / 4.

PJOK

1.      Kolam renang dapat menjadi tempat bermain. Misalnya bermain :
A.    “Mencari Anggota Kelompok”. Cara bermainnya adalah :
a.       Pilih kolam renang yang dangkal.
b.      Buat lingkaran besar di tengah kolam bersama teman – teman.
c.       Dengarkan aba – aba guru, jika guru menyebut kata tiga, maka anak – anak harus membuat kelompok yang berisi tiga orang anggota. Begitu juga ketika guru menyebutkan kata dua, empat, atau lima, maka anak – anak akan membuat kelompok sesuai dengan ucapan guru.
d.      Anak yang tidak mendpat kelompok akan berdiri di tengah lingkaran.
e.       Anak yang dapat bertahan berdiri di kolam renang hingga terakhir adalah pemenangnya.
f.       Permainan “Mencari Anggota Kelompok” di kolam renang adalah untuk melatih keseimbangan dan konsentrasi.
B.     “Mengoper Bola Plastik” Cara bermainnya adalah :
a.       Bentuklah kelompok yang terdiri dari 5 orang anak.
b.      Semua pemain berdiri berjajar dalam posisi siaga membungkuk sambil menatap ke dalam air.
c.       Bola dioperkan ke bawah di antara dua kaki, dimulai  dari pemain pertama mengoper bola kepada pemain ketiga dan seterusnya sampai ke pemain terakhir.Selanjutnya bola dioper kembali dengan berbalik arah.
2.      Permainan “Mencari Anggota Kelompok”  dan “Mengoper Bola Plastik” di kolam renang adalah untuk melatih keseimbangan dan konsentrasi.
3.      Saat bermain di kolam renang, tidak boleh bercanda. Misalnya menarik kaki dan mendorong teman karena prilaku tersebut berbahaya dan dapat menyebabkan kecelakaan seperti tenggelam atau kepala terbentur sehingga terluka.
4.      Kolam renang adalah tempat olahraga.


SBdP

1.       Karya seni dua dimensi adalah karya seni yang mempunyai dua sisi yaitu panjang dan lebar saja atau karya seni yang hanya bisa dilihat dan disentuh /diraba.
Contohnya gambar, lukisan, foto,  dan  poster.
Kita dapat mengungkapkan perasaan senang, sedih, atau marah melalui gambar yang disebut gambar ekspresif

Kita dapat menggambarkan kejadian  saat bermain bersama teman - teman kemudian diwarnai sehingga menjadi karya seni dua dimensi.

2.        Karya seni tiga dimensi adalah karya seni yang mempunyai sisi panjang, lebar dan tinggi  atau berbentuk bangun ruang yang dapat dipegang dan diangkat.
Contohnya patung, tempat pensil, vas bunga, topeng, dan gantungan kunci.

Kita juga dapat membuat karya cetak dari Koran bekas sehingga menjadi karya seni tiga dimensi seperti  contoh dari Tematik halaman 124.


@@@pian@@@





ROSTER PEMBELAJARAN DI RUMAH KELAS 1 DAN 2 SDK SANTA AGATHA CIMAHI



ROSTER PEMBELAJARAN DI RUMAH
KELAS 1 SDK SANTA AGATHA

Hari/Tgl. Thn.

Tema Pembelajaran
Keterangan

Senin, 30 Maret 2020
Sub Tema 3: Tumbuhan Di Sekitar Kita.
-Pembelajaran 1 dan 2 dari Tematik 1 G hal. 85-97.
-Kerjakan latihan pembelajaran 1 hal. 65 dan latihan pembelajaran 2 hal.67 dari Buku Mahir.
Buat percobaan “Menanam Biji” seperti petunjuk dari buku tematik hal. 95
Gambar dan catat hasil percobaan tersebut di buku tematik hal. 95 – 96.
Catatan : Biji yang digunakan bebas bisa kacang hijau, kedelai, atau kacang tanah.
Selasa, 31 Maret 2020
-Pembelajaran 3 dan 4 dari Tematik hal. 98 – 108
-Kerjakan latihan pembelajaran 3 hal. 70 dan latihan pembelajaran 4 hal. 74 dari buku Mahir.

Rabu, 1 April 2020

-          Pembelajaran 5 dan 6 dari Tematik hal. 109 – 120
-          Kerjakan latihan pembelajaran 5 hal. 76 – 77 dan pembelajaran 6 hal. 79 – 80 dari buku Mahir

Kamis, 2 April 2020

-Menggambar daun bebas di buku gambar sesuai contoh dari Tematik hal. 91.
- Membuat kaktus dari kardus, seperti contoh dari Mahir halaman 63 -64.


Jumat, 3 April 2020
Bahasa Inggris : Lesson 13  dari buku paket hal 86 – 88 part A – D

Senin, 6 April 2020

-Evaluasi 3 dari Tematik hal. 121 – 122 dan Uji Kompetensi dari Mahir hal.81 -85

Selasa, 7 April 2020
-Sub Tema 4 : Bentuk, Warna, Ukuran, dan Permukaan Benda. Pembelajaran 1 dan 2 dari Tematik hal.125 – 132.
- Kerjakan latihan pembelajaran 1 hal 90 – 91 dan pembelajaran 2 hal. 93 dari buku Mahir.


Rabu, 8 April 2020
-          Pembelajaran 3 dan 4 dari Tematik hal. 133 – 144
-          Kerjakan latihan pembelajaran 3 hal.96 dan pembelajaran 4 hal. 99 dari buku Mahir

Kamis, 09 April 2020
-          Membuat binatang dari terigu ( pengganti tanah liat ) seperti contoh dari tematik hal. 128. Hasilnya difoto dan dikirim kepada guru

Jumat, 10 April 2019
Libur Jumat Agung


Senin, 13 April 2019
-          Pembelajaran 5 dan 6 dari Tematik hal. 133 – 144
-          Kerjakan latihan pembelajaran 5 hal. 101 – 102 dan pembelajaran 6 hal 105 dari buku Mahir

Selasa, 14 April 2019
-          Evaluasi 4 dari Tematik hal. 159 – 160 dan Uji Kompetensi hal.106 – 110 dari buku Mahir


Cimahi, 28 Maret 2020
Wali Kelas 1 SDK Santa Agatha




(Maria Hortensia, SE.)



ROSTER BELAJAR DI RUMAH
KELAS 2 SDK SANTA AGATHA

Hari/Tgl.
Tema Pembelajaran
Keterangan

Senin, 30 Maret 2020
Subtema 3:
KEBERSAMAAN DI TEMPAT  BERMAIN.
-Pelajaran 3 halaman 104-110 (BS)
-Pelajaran 4 halaman 111-117 (BS)


Selasa, 31 Maret 2020
-Pelajaran 5 halaman 118-121 (BS)
-Pelajaran 6 halaman 122-128 (BS)


Rabu, 1 April 2020

-Membuat Rangkuman Pelajaran 1-6
-Evaluasi : Halaman 129-130


Kamis, 2 April 2020

Subtema 4 :
PENGALAMANKU DI TEMPAT WISATA
-Pelajaran 1 halaman 133-139
-Pelajaran 2 halaman 140-144


Jumat, 3 April 2020
-Bahasa Inggris Lesson 13

Senin, 6 April 2020
-Pelajaran 3 halaman 145-150
-Pelajaran 4 halaman 151-155
-


Selasa, 7 April 2020

-Pelajaran 5 halaman 157-161
-Pelajaran 6 halaman 162-169


Rabu, 8 April 2020
-Membuat Rangkuman Pelajaran 1-6
-Evaluasi : Halaman 170-172


Kamis, 9 April 2020
-Tugas Proyek :
*        Tulislah sebuah dongeng dari daerah asal   Ayah / Ibumu.
iceritakan dengan kata-katamu sendiri, direkam, dan di-WA kepada Guru.
*        Ceritakan kembali cerita tersebut di depan kelas saat masuk sekolah untuk mendapatkan nilai akhir.


Jumat, 10 April 2020
Libur Jumat Agung


Senin, 13 April 2020
AGAMA :
Kelas 2:   
Pelajaran 3:
-GEREJA (Foto Copy hal. 84 dst.)
-Doa Santo Mikael
-Aku Percaya

Kelas 1:
Latihan;
-Doa Aku Percaya
-Bapa Kami
-Salam Maria
-Kemuliaan
-Malaikat Tuhan
-Malaikat Mikael


Selasa, 14 April 2020
Komputer :

*Kelas 1: Microsoft Paint

a. Gambar buah apel sederhana
b. Gambar Tikus sederhana
c. Gambar Rumah sederhana
d. Gambar kepal boneka

*Kelas 2: Mocrosoft Paint
  Praktik 4.3:
  Menggambar kumbang  (hal.71- 74)

Catatan:

Bagi yang punya computer di rumah boleh latihan menggambar .

Cimahi, 28 Maret 2020
Wali Kelas 2 SDK Santa Agatha




(Krispianus Bai, S.Ag.)

 



SELAMAT KEPADA YAYASAN PENDIDIKAN KARYA INSAN SEJATI MANDIRI YANG TELAH MEMULAI KARIRNYA DIBIDANG PENDIDIKAN SEJAK 2016 HINGGA SAAT INI. Pian

Minggu, 29 Maret 2020

PEKERJAAN RUMAH (PR) MENULIS KELAS 1 DAN 2 SDK SANTA AGATHA SENIN, 30 MEI 2020 SAMPAI DENGAN SELASA, 14 APRIL 2020


PR MENULIS SISWA-SISWI 
SDK SANTA AGATHA KELAS 1 DAN 2

     Senin, 30-03-2020  : Sayangilah Ayah, Ibu, dan saudaramu !
              SUT

     Selasa, 31-03-2020 : Berbicaralah dengan bahasa yang sopan !
              SUT

     Rabu, 01-04-2020   : Saya selalu bersyukur kepada Tuhan !


     Kamis, 02-04-2020  : Saya senang bermain bersama kakak dan adik.


     Jumat, 03-04-2020  : Anak yang baik disayang Tuhan.


     Senin, 06-04-2020   : Mari kita saling membantu !


     Selasa, 07-04-2020  : Berbagilah dengan orang lain !


     Rabu, 08-04-2020    : Dengarlah nasehat Ayah dan Ibumu ! 


     Kamis, 09-04-2020  : Hargailah pendapat orang lain !


     Senin, 13-04-2020   : Jika teman bersedih, saya akan menghiburnya.


     Selasa, 14-04-2020 : Tersenyumlah kepada semua orang !
 
@@@ Selamat Mengerjakan Tugas PR Menulis @@@ 

Tetap Sengangat Belajar Di Rumah, Jadi Anak Pintar dan Baik Hati.
Jaga Kesehatan Agar Tehindar Dari COVID-19 

Salam dan Doa Dari Bapak dan Ibu Guru Santa Agatha


SELAMAT KEPADA YAYASAN PENDIDIKAN KARYA INSAN SEJATI MANDIRI YANG TELAH MEMULAI KARIRNYA DIBIDANG PENDIDIKAN SEJAK 2016 HINGGA SAAT INI. Pian

Sabtu, 28 Maret 2020

video 20200110 094936 360P



SELAMAT KEPADA YAYASAN PENDIDIKAN KARYA INSAN SEJATI MANDIRI YANG TELAH MEMULAI KARIRNYA DIBIDANG PENDIDIKAN. Pian

Jumat, 27 Maret 2020

Lirik Lagu Burung Tantina - Sactje Hehanusa Kelas 2 tema 5 Subtema 1



SELAMAT KEPADA YAYASAN PENDIDIKAN KARYA INSAN SEJATI MANDIRI YANG TELAH MEMULAI KARIRNYA DIBIDANG PENDIDIKAN. Pian

Pepaya Mangga Pisang Jambu - Vito



SELAMAT KEPADA YAYASAN PENDIDIKAN KARYA INSAN SEJATI MANDIRI YANG TELAH MEMULAI KARIRNYA DIBIDANG PENDIDIKAN. Pian

FOTO-FOTO KEGIATAN BELAJAR ANAK-ANAK TKK DAN SDK SANTA AGATHA SELAMA BERADA DI RUMAH DARI TANGGAL 17-29 MARET 2020

KEGIATAN SISWA-SISWI

 SDK SANTA AGATHA 









 

KEGIATAN ANAK-ANAK

 TKK SANTA AGATHA























SELAMAT KEPADA YAYASAN PENDIDIKAN KARYA INSAN SEJATI MANDIRI YANG TELAH MEMULAI KARIRNYA DIBIDANG PENDIDIKAN. Pian

Kamis, 26 Maret 2020

Belajar membaca tanpa mengeja



SELAMAT KEPADA YAYASAN PENDIDIKAN KARYA INSAN SEJATI MANDIRI YANG TELAH MEMULAI KARIRNYA DIBIDANG PENDIDIKAN. Pian

Belajar Membaca Ng dan Ny



SELAMAT KEPADA YAYASAN PENDIDIKAN KARYA INSAN SEJATI MANDIRI YANG TELAH MEMULAI KARIRNYA DIBIDANG PENDIDIKAN. Pian

Belajar Membaca Ng dan Ny



SELAMAT KEPADA YAYASAN PENDIDIKAN KARYA INSAN SEJATI MANDIRI YANG TELAH MEMULAI KARIRNYA DIBIDANG PENDIDIKAN. Pian

Abjad Bahasa Indonesia | Belajar membaca untuk anak tk | Membaca Huruf B



SELAMAT KEPADA YAYASAN PENDIDIKAN KARYA INSAN SEJATI MANDIRI YANG TELAH MEMULAI KARIRNYA DIBIDANG PENDIDIKAN. Pian

Belajar Membaca Dua Suku Kata �� Belajar Mengeja (Part 1)



SELAMAT KEPADA YAYASAN PENDIDIKAN KARYA INSAN SEJATI MANDIRI YANG TELAH MEMULAI KARIRNYA DIBIDANG PENDIDIKAN. Pian

30 Menit Bisa Membaca



SELAMAT KEPADA YAYASAN PENDIDIKAN KARYA INSAN SEJATI MANDIRI YANG TELAH MEMULAI KARIRNYA DIBIDANG PENDIDIKAN. Pian

Belajar Membaca 5 Huruf - Belajar Mengeja (Part 1)



SELAMAT KEPADA YAYASAN PENDIDIKAN KARYA INSAN SEJATI MANDIRI YANG TELAH MEMULAI KARIRNYA DIBIDANG PENDIDIKAN. Pian

Belajar Membaca 3 Huruf | Edukasi Anak



SELAMAT KEPADA YAYASAN PENDIDIKAN KARYA INSAN SEJATI MANDIRI YANG TELAH MEMULAI KARIRNYA DIBIDANG PENDIDIKAN. Pian