Senin, 30 Maret 2020

RANGKUMAN MATERI KELAS 2 TEMA KEBERSAMAAN


MATERI PEMBELAJARAN KLAS 2 SDK SANTA AGATHA
TEMA 7 : KEBERSAMAAN
SUB TEMA 3 : KEBERSAMAAN DI TEMPAT BERMAIN

BAHASA INDONESIA

1.      Bermain bersama teman sangat mengasyikkan karena semakin banyak teman, yang ikut bermain semakin seru.
2.      Bermain harus di tempat yang aman, misalnya taman atau lapangan, agar terhindar dari bahaya.
3.      Ada banyak permainan yang bisa dilakukan di taman atau lapangan. Misalnya main bola, kejar – kejaran, bersepeda, atau petak umpet.
4.      Pada dongeng “Pipit dan Puput,, Burung yang cerdik” terdapat beberapa kosakata yaitu :
-          Asap ; Uap yang dapat dilihat yang dihasilkan dari pembakaran.
-          Ilalang atau alang-alang : Rumput yang berdaun tajam.
-          Musim : Waktu tertentu yang berhubungan dengan keadaan iklim atau cuaca. Contoh di Indonesia terdapat dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau.
-          Kemarau : Kering yang berhubungan dengan cuaca atau musim.
-          Hancur : Pecah menjadi kecil-kecil atau rusak.
-          Celaka : Mendapat kesulitan, kesusahan atau kemalangan.
-          Ide : Rancangan yang tersusun di dalam pikiran / otak. Bisa juga disebut gagasan.
-          Merdu : Baik dan sedap / enak didengar. Biasanya berhubungan dengan suara.
-          Cerdas : Perkembangan akal budinya sempurna untuk berpikir, mengerti, dan melakukan sesuatu.
-          Ulah : Tingkah laku, sikap, atau perbuatan yang menyalahi norma atau aturan yang berlaku di masyarakat.
-          Diskusi : Komunikasi antara dua orang atau lebih / kelompok untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah.
5.      Kata sapaan adalah kata yang digunakan untuk menegur sapa orang yang diajak bicara.
Contoh
Kalimat
Kata Sapaan
Jenis Kata Sapaan
Terimahkasih, Ayah.
Ayah
Kata kekerabatan
Terima kasih, Dokter.
Dokter
Profesi / jabatan
Terima kasih, Miming.
Miming
Nama diri
Terima kasih, Penonton.
Penonton
Nama pelaku
Terima kasih, Dik.
Dik
Kata kekerabatan

6.      Kata sapaan berhubungan dengan kesopanan dalam berbicara kepada orang lain.
7.      Kata sapaan juga dapat digunakan untuk petunjuk.
Contoh :
-          Untuk menanyakan kesehatan seseorang, kata sapaannya adalah apa kabar?
-          Untuk menolong sesorang, kata sapaannya adalah mari saya bantu.
-          Sapaan di siang hari adalah selamat siang.
-          Sapaan untuk menanyakan tujuan seseorang adalah mau ke mana ?
8.      Untuk menulis sebuah percakapan, selalu dimulai dengan nama yang berbicara, tanda “(koma pembuka), kalimat yang mau diucapkan, tanda baca, dan diakhiri tanda “(koma penutup)
Contoh : Percakapan antara Immel dan Berlian

Immel : “Berlian, ayo kita belajar bersama !”
Berlian : “Baik, Immel.”

9.      Dongeng dapat diceritakan kembali dengan kata – kata sendiri.
10.  Selalu ada pelajaran yang kita dapatkan dari sebuah dongeng.

PPKn

1.      Di sekolah kita mempunyai banyak teman.
2.      Ada anak laki – laki da nada anak perempuan.
3.      Anak laki – laki dan perempuan memilki tinggi badan yang berbeda. Ada yang tinggi dan ada yang pendek.
4.      Setiap anak, memiliki  ciri fisik yang berbeda – beda. Misalnya :
-          Ada anak yang berkulit hitam, ada juga yang  putih. dan coklat.
-          Ada yang berambut lurus,ada juga yang keriting.
-          Ada yang bertubuh gemuk, ada juga yang kurus.
-          Ada yang bermata lebar / besar, ada juga yang sipit.
-          Ada yang tinggi, ada juga yang pendek.
5.      Perbedaan ciri – ciri fisik setiap anak adalah karunia Tuhan. Karenanya kita tidak boleh saling mengejek.
6.      Setiap anak mempunyai kekurangan dan kelebihan masing – masing.
7.      Kita harus menjaga kerukunan saat bermain bersama teman.
8.      Kerukanan tercipta bila semua mengikuti aturan
9.      Bermain bersama – samamembawa keceriaan, tidak ada perasaan sedih, kecewa atau kesal.
10.  Kta harus bersikap sportif saat bermain, maksudnya bila menang, tidak boleh sombong dan bila kalah, jangan marah.
11.  Selesai bermain kita berjabat tangan untuk memberi selamat kepada yang menang pertandingan.
12.  Berjabat tangan untuk berpisah dengan teman.
13.  Kita juga harus mengingatkan teman kita untuk bermain di tempat yang aman.
14.  Perbedaan agama, sifat, dan asal daerah, bukan masalah.
15.  Walaupun berbeda kita harus bekerja sama dan tidak merasa sombong.
16.  Kita berteman dengan semua anak.
17.  Kita juga menolong teman yang sedang susah.


MATEMATIKA

Bilangan Pecahan

1.      Bilangan pecahan adalah bilangan yang terdiri dari dua angka, yaitu angka sebagai pembilang dan angka sebagai pembagi atau penyebut.
2.      Bilangan pecahan mempunyai bentuk a , dengan b tidak sama dengan 0 (nol ).
                                                                     b

3.      a disebut pembilang dan b disebut penyebut.

Contoh :

-          1 / 2 = pembilangnya 1, penyebutnya 2.
-          1 / 3 = pembilangnya 1, penyebutnya 3.
-          1 / 4 = pembilangnya 1, penyebutnya 4.

4.      Bilangan Pecahan 1 / 2
 Contoh
Laskar mempunyai 1  biscuit, tetapi Laskar ingin Lionel juga dapat merasakan biscuit tersebut. Kemudian Laskar membagi biskuitnya menjadi 2 bagian yang sama besar.  Bagian pertama diberikan kepada Lionel dan bagian kedua  untuk Laskar. Maka Laskar dan Lionel sama – sama memperoleh setengah  atau satu per dua atau seperdua bagian dari biscuit tersebut. Lambang bilangan pecahan untuk setengah / satu per dua / seperdua adalah             1 / 2.

5.      Bilangan Pecahan 1 / 3
Contoh
Berlian mempunyai 1 buah apel. Berlian ingin membaginya kepada Miming dan Immel, maka Berlian membagi apel menjadi 3 bagian yang sama besar.  Bagian pertama diberikan kepada Immel, bagian kedua  diberikan kepada Miming dan bagian ketiga untuk Berlian. Berlian, Immel, dan Miming sama – sama memperoleh satu per tiga atau sepertiga bagian dari apel tersebut. Lambang bilangan pecahan untuk satu per tiga atau sepertiga adalah 1 / 3.

6.      Bilangan Pecahan 1 / 4
Contoh
Laura mempunyai 1 buah jeruk.Laura ingin membaginya kepada Yusup, Mely, dan  Rani. Laura membagi jeruk menjadi 4 bagian yang sama besar.  Bagian pertama diberikan kepada Yusup, bagian kedua  diberikan kepada Mely, bagian ketiga diberikan kepada Rani, dan  bagian keempat lagi untuk Laura, Laura,Yusup, Mely, dan Rani sama – sama meperoleh satu per empat atau seperempat bagian dari jeruk tersebut. Lambang pecahan untuk satu per empat atau seperempat adalah 1 / 4.

PJOK

1.      Kolam renang dapat menjadi tempat bermain. Misalnya bermain :
A.    “Mencari Anggota Kelompok”. Cara bermainnya adalah :
a.       Pilih kolam renang yang dangkal.
b.      Buat lingkaran besar di tengah kolam bersama teman – teman.
c.       Dengarkan aba – aba guru, jika guru menyebut kata tiga, maka anak – anak harus membuat kelompok yang berisi tiga orang anggota. Begitu juga ketika guru menyebutkan kata dua, empat, atau lima, maka anak – anak akan membuat kelompok sesuai dengan ucapan guru.
d.      Anak yang tidak mendpat kelompok akan berdiri di tengah lingkaran.
e.       Anak yang dapat bertahan berdiri di kolam renang hingga terakhir adalah pemenangnya.
f.       Permainan “Mencari Anggota Kelompok” di kolam renang adalah untuk melatih keseimbangan dan konsentrasi.
B.     “Mengoper Bola Plastik” Cara bermainnya adalah :
a.       Bentuklah kelompok yang terdiri dari 5 orang anak.
b.      Semua pemain berdiri berjajar dalam posisi siaga membungkuk sambil menatap ke dalam air.
c.       Bola dioperkan ke bawah di antara dua kaki, dimulai  dari pemain pertama mengoper bola kepada pemain ketiga dan seterusnya sampai ke pemain terakhir.Selanjutnya bola dioper kembali dengan berbalik arah.
2.      Permainan “Mencari Anggota Kelompok”  dan “Mengoper Bola Plastik” di kolam renang adalah untuk melatih keseimbangan dan konsentrasi.
3.      Saat bermain di kolam renang, tidak boleh bercanda. Misalnya menarik kaki dan mendorong teman karena prilaku tersebut berbahaya dan dapat menyebabkan kecelakaan seperti tenggelam atau kepala terbentur sehingga terluka.
4.      Kolam renang adalah tempat olahraga.


SBdP

1.       Karya seni dua dimensi adalah karya seni yang mempunyai dua sisi yaitu panjang dan lebar saja atau karya seni yang hanya bisa dilihat dan disentuh /diraba.
Contohnya gambar, lukisan, foto,  dan  poster.
Kita dapat mengungkapkan perasaan senang, sedih, atau marah melalui gambar yang disebut gambar ekspresif

Kita dapat menggambarkan kejadian  saat bermain bersama teman - teman kemudian diwarnai sehingga menjadi karya seni dua dimensi.

2.        Karya seni tiga dimensi adalah karya seni yang mempunyai sisi panjang, lebar dan tinggi  atau berbentuk bangun ruang yang dapat dipegang dan diangkat.
Contohnya patung, tempat pensil, vas bunga, topeng, dan gantungan kunci.

Kita juga dapat membuat karya cetak dari Koran bekas sehingga menjadi karya seni tiga dimensi seperti  contoh dari Tematik halaman 124.


@@@pian@@@