Rabu, 18 Maret 2020

RANGKUMAN KELAS 2 SUB TEMA 1 : KEBERSAMAAN DALAM KELUARGA


TEMA 7 : KEBERSAMAAN
SUB TEMA 1 : KEBERSAMAAN DALAM KELUARGA

BAHASA INDONESIA

Kebersamaan adalah sebuah ikatan yang terbentuk karena rasa kekeluargaan / persaudaraan, lebih dari sekedar bekerja sama. Kepentingan bersama lebih diutamakan dari kepentingan pribadi.

Contoh kebersamaan dalam keluarga misalnya :

-          Makan bersama
-          Berdoa bersama
-          Ayah dan Ibu menemani anak – anak belajar
-          Membersihkan rumah bersama
-          Saling bercerita

Dongeng adalah cerita yang tidak benar – benar terjadi. Atau cerita yang disampaikan secara turun temurun dari nenek moyang.

Ada banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari dongeng.

Pelajaran yang bisa diambil dari dongeng “Kebersamaan Burung Merpati” adalah kebersamaan kakak beradik merpati menyelamatkan mereka dari pemburu.

Pelajaran yang bisa diambil dari dongeng “Tiga Sahabat” adalah :
-          Sahabat  saling membantu
-          Sahabat  saling menyayangi
-          Sahabat saling mengunjugi
-          Sahabat saling menghibur

Ada banyak kosa kata baru dari dongeng .

“Kebersamaan Burung Merpati”. Seperti :
-          Telaga : danau kecil di pegunungan.
-          Umpan : makanan atau sesuatu yang digunakan untuk menangkap hewan.

“Tiga Sahabat”
-          Murung : sedih
-          Menjenguk : mengunjungi orang sakit.

Huruf kapital atau huruf besar digunakan untuk :

1.      Mengawali kalimat.

Contoh : Keluarga harus saling membantu.

2.      Huruf pertama nama hari.

Contoh : Setiap hari Minggu keluarga Immelda ke gereja.

3.      Huruf pertama nama bulan.

Contoh : Laskar lahir di bulan Januari.

4.      Huruf pertama nama orang.

Contoh : Ibu menemani Lionel belajar di rumah.

5.      Huruf pertama nama tempat.

Contoh : Saya tinggal di kota Cimahi.

6.      Huruf pertama agama, dan kitab suci.

Contoh : Kitab suci agama Katolik adalah Alkitab.

7.      Huruf pertama sapaan.

Contoh : Saya membantu Ibu mencuci piring.


PPKn

1.      Tuhan menciptakan manusia dengan sifat berbeda.
2.      Kita berbeda sifat dan kesukaan dengan Ayah, Ibu, Kakak, atau Adik.
3.      Meski berbeda, kita harus saling menghormati dan menghargai.
4.      Jika kita tidak suka dengan perilaku anggota keluarga, kita dapat memberitahunya dengan cara yang baik.
5.      Kebersamaan di rumah terjadi kalau :
-           Kita saling menyayangi, menghormati dan hidup dengan rukun.
-          Anak – anak patuh kepada orangtua. Maksudnya anak – anak mengikuti apa yang dikatakan orangtuanya.
-          Semua anggota keluarga berbicara santun artinya berbicara sopan dan tidak kasar
-          Tidak bertengkar.
-          Saling menolong.
6.      Kebersamaan membuat hidup menjadi nyaman.
7.      Ada 6 agama di Indonesia. Yaitu :
a.       Agama Islam : - Tempat ibadahnya masjid. Kitab sucinya Alquran. Hari rayanya  : Idul Fitri dan Idul Adha.
b.      Protestan : Tempat ibadahnya gereja. Kitab sucinya Alkitab. Hari rayanya : Natal dan Paskah.
c.       Katolik : Tempat ibadahnya gereja. Kitab sucinya Alkitab . Hari rayanya : Natal dan Paskah
d.      Hindu : Tempat ibadahnya pura. Kitab sucinya Weda. Hari rayanya : Nyepi, Kuningan dan Galungan.
e.       Budha : Tempat ibadahnya vihara. Kitab sucinya Tripitaka. Hari rayanya : Waisak.
f.       Konghucu : Tmpat ibadahnya kelenteng. Kitab sucinya Si Shu  dan Wu Jing. Hari rayanya : Tahun baru Imlek.
8.      Setiap pemeluk agama harus saling menghormati.
9.      Kita harus melaksanakan perintah agama sebagai bentuk syukur dan hormat kepada Tuhan yang telah menciptakan kita.
10.  Bangsa Indonesia juga terdiri dari berbagai suku. Seperti suku Batak, Nias, Jawa, Sunda, Bali, Dayak Papua, Flores, Bugis, Melayu dan Minang.
11.  Walaupun berbeda agama dan suku tetapi masyarakat Indonesia bersatu karena kita memiliki semboyan “Bhineka Tunggal Ika” yang artinya : walaupun berbeda – beda tetapi tetap satu jua. Walau berbeda agama dan suku, kita tetap satu bangsa yaitu bangsa Indonesia.

MATEMATIKA:

Pecahan artinya : barang yang sudah dipecah atau dipotong. Maksudnya dari satu benda dipecah, dipotong, dibagi menjadi beberapa bagian. Jika bagian – bagian tersebut disatukan kembali, akan menjadi benda yang utuh.
Pecahan biasanya ditulis dengan a/b ( bacanya a per b ). a disebut pembilang dan b disebut penyebut.
Angka pembilang biasanya lebih kecil dari penyebut. Contoh ½ pembilangnya 1, penyebutnya 2.

1.1  Mengenal Pecahan ½ :
Pecahan ½ maksudnya dari satu benda dibagi menjadi dua bagian yang sama besar.
Contoh : Ibu memberi Lionel 1 potong roti. Lionel kemudian membagi 1 potong roti itu kepada Laskar, sehingga Lionel dan Laskar mendapatkan bagian yang sama besarnya.

• Amatilah gambar roti dibawah ini untuk menentukan nilai pecahan:
 



• Siswa menemukan konsep pecahan ½ dari gambar.

• Siswa menuliskan lambang pecahan ½ dan membaca lambang pecahan 1/2.

Catatan:

1   .    Pecahan merupakan bagian dari keseluruhan ½
2   .    Terdapat 1 roti, kemudian dibagi menjadi 2 bagian yang sama besar. 1 bagian dari 2 bagian disebut .
3   .    Jika membagi roti menjadi 2 bagian tidak sama, maka 1 bagian tidak dapat disebut ½ .
4   .    ½ :dibaca “setengah” atau “satu per dua” atau “seperdua”.
Ayo Be
• Siswa memandingkan dua gambar yang masing-masing menunjukkan
  dua bagian roti. 

1.2  Mengenal Pecahan 1/3
Pecahan 1/3 maksudnya  satu benda dibagi menjadi tiga bagian yang sama besarnya.
Contoh : Ibu memberi Lionel 1 kue bolu. Lionel kemudian membagi kue bolu itu kepada Laskar dan Berlian sehingga Lionel, Laskar, dan Berlian ( mereka bertiga ) mendapatkan bagian yang sama besarnya.







1.3 Mengenal Pecahan ¼
Pecahan ¼ maksudnya satu benda dibagi menjadi 4 bagian yang sama besarnya.
Contoh : Ibu memberi Lionel 1 buah jeruk. Lionel kemudian membagi jeruk itu kepada Laskar Berlian, dan Miming sehingga Lionel, Laskar, Berlian, dan Miming ( mereka berempat ) mendapatkan bagian yang sama besarnya.

PJOK
Berenang
1.       Berenang adalah olahraga yang dilakukan di dalam air.
2.       Sebelum berenang harus melakukan pemanasan.
3.       Tubuh harus dibasahi terlebih dahulu sebelum masuk ke kolam renang.
4.       Masukkan kaki ke dalam air dan masuk kolam dengan posisi berdiri.
5.       Tangan memegang tepi kolam dan tubuh ditarik maju mundur, kaki dilangkahkah ke samping seperti berjalan di dalam air.
6.       Gerakan – gerakan tangan saat latihan berenang :
-          memutar tangan.
-          Menggerakkan tangan.
-          Mendayung.
7.       Gerakan – gerakan tungkai ( kaki ) saat latihan berenang :
-          Duduk di tepi kolam : posisi kaki selonjor. Tangan lurus dibelakang badan, kaki digerak – gerakkan ke atas dan ke bawah mulai dari pangkal paha.
-          Gerakkan dalam air : Berdiri membelakangi kolam renang. Bahu dan tangan bersandar pada tepi kolam, gerakkan kaki dengan cara menekan ke arah depan bawah. Ketika kaki menekan air, pinggul diangkat ke atas sejajar dengan permukaan air.
-          Gerakkan menendang di dalam air : Sikap awal telungkup di dalam air, kedua tangan diluruskan ke depan, berpegangan pada tepi kolam dan lutut dibengkokkan 90 derajat. Kaki tidak kaku, ditendangkan di dalam air dan dilakukan secara bergantian antara kaki kanan dan kiri secara berulang – ulang.
SBdP
1.       Memainkan alat musik sederhana merupakan kegiatan bermusik dengan menggunakan benda – benda yang ada.Misalnya gallon, gelas atau botol yang diisi pasir.
2.       Alat musik jika dimainkan akan menghasilkan nada do,re,mi, fa, sol, la, si, do.
3.       Benda yang bukan alat musik, tiyang dak menghasilkan nada, tetapi hanya memilki warna suara.
4.       Jika kita memukul permukaan gelas dengan pensil, bunyinya akan tetap sama, yang berbeda hanya kedengarannya lebih keras, ketika kita memukulnya dengan keras. Begitu juga ketika kita memukul pensil dengan pensil atau meniup peluit.
5.       Keras lembutnya bunyi disebut dinamik.
6.       Kita juga dapat  belajar dinamik dengan musik sederhana misalnya dengan :
-          Memukul botol secara beirama : maksudnya pukulan pertama lemah, kedua kuat dan ketiga semakin kuat.
-          Bertepuk tangan beirama : pertama pelan, kedua kuat dan ketiga semakin kuat.

Selasa, 17 Maret 2020

14 HARI GERAKAN MENGHENTIKAN COVID-19 ATAU CORONA

RANGKUMAN MATERI KELAS 1 TEMA 7 SUB TEMA 2 HEWAN DI SEKITAR KITA


RANGKUMAN TEMA 7 : BENDA, HEWAN, DAN TANAMAN DI SEKITARKU
MATERI PEMBELAJARAN  SUB TEMA 2 : HEWAN DI SEKITAR KITA

BAHASA INDONESIA
1.       Hewan  disebut juga  binatang.
2.       Setiap hewan mempunyai tempat hidup.
3.       Tempat hidup hewan berbeda beda.
4.       Hewan yang hidup di darat, disebut hewan darat.
5.       Hewan yang hidup di air, disebut hewan air.
6.       Hewan darat tidak bisa hidup di air, begitu juga hewan air tidak bisa hidup di darat.
7.       Hewan darat mencari makan di darat misalnya kucing, kuda, sapi, ayam, kelinci, dan monyet.
8.       Hewan darat ada yang bergerak dengan :
-          Berjalan atau berlari menggunakan kaki.  Misalnya kucing, kuda, sapi, kambing, anjing, ular, singa dan gajah.
-          Melompat menggunakan kaki. Misalnya Kelinci, belalang, dan kangguru.
-          Melata menggunakan perut. Misalnya ular.
-          Merayap. Misalnya cicak dan siput .
-          Terbang menggunakan sayap. Misalnya burung dan kupu – kupu.
9.       Hewan air, hidup dan mencari makan di air. Misalnya ikan, udang, dan cumi – cumi,
10.   Sungai dan laut merupakan tempat hidup ikan dan udang.
11.   Ikan juga dapat dipelihara di akuarium.
12.   Hewan air, bergerak dengan cara berenang.   Misalnya ikan berenang menggunakan sirip.
13.   Ada juga hewan yang bisa hidup di darat dan di air. Misalnya katak, kura – kura, dan buaya.
14.   Selain itu, ada juga hewan liar. Misalnya belalang, kupu – kupu, rusa, singa, gajah, monyet, harimau,ular, hiu, dan buaya.
15.    Hewan liar hidup di alam bebas dan  mencari makan sendiri.
16.   Hewan liar harus dijaga agar tidak punah.
17.   Hewan yang hampir punah disebut juga hewan langka. Contohnya, Badak bercula satu, harimau sumatera, dan elang jawa.
18.   Hewan liar ada yang berbahaya bagi manusia yang disebut juga hewan buas. Misalnya harimau, ular, hiu dan buaya.
19.   Hewan liar yang tidak berbahaya bagi manusia. Misalnya rusa dan kupu – kupu.
20.   Hewan kesukaan  dipelihara di rumah. Misalnya anjing, kucing, kelinci dan ikan hias.
21.   Hewan ternak dibesarkan atau dipelihara di peternakan. Misalnya kuda, sapi, kambing, domba dan ayam.
22.   Hewan ternak dipelihara manusia untuk dimanfaatkan sebagai bahan makanan, minuman dan tenaga untuk membantu manusia.

Kalimat pemberitahuan atau kalimat berita adalah kalimat yang isinya memberikan informasi atau memaparkan kejadian atau peristiwa.
Contoh kalimat pemberitahuan  seperti pada kalimat no 1 – 20 di atas.

Pada kalimat pemberitahuan di atas terdapat tanda (,) yang disebut tanda koma.
Tanda koma digunakan untuk  :
-          memisahkan penyebutan beberapa kata.
-          sebelum kata dan serta atau.
Contoh  :  Kelinci, gajah, kuda, dan kambing adalah contoh hewan darat.
                  Pada hari Senin, Rabu, atau Jumat kandang hewan dibersihkan.
Kita dapat menemukan kalimat pemberitahuan di berbagai tempat. Misalnya di sekolah, peternakan, dan kebun binatang.
Kalimat pemberitahuan  mengandung ungkapan.
Misalnya di kebun binatang ada tulisan berbunyi : Dilarang memberi makan hewan !
Artinya setiap pengunjung kebun binatang, tidak boleh memberi makanan apapun kepada semua binatang di kebun binatang.


Saat mendapatkan informasi atau pemberitahuan, harus ditanggapi dengan bahasa yang baik dan sopan.
Contohnya :
Kalimat pemberitahuan : Moses boleh memelihara kelinci tapi Moses harus taat aturan.
Kalimat tanggapan          : Baik Bu. Moses akan melakukannya.

PPKn

1.       Aturan disebut juga tata tertib.
2.       Aturan membuat hidup kita nyaman.
3.       Orang yang melanggar aturan akan mendapat hukuman.
4.       Hewan adalah mahkluk hidup ciptaan Tuhan, yang harus kita hargai dengan cara merawatnya atau tidak mengganggu kehidupannya.
5.       Aturan memelihara hewan :
-          Memberi makan dan minum sesuai jenis makanannya secara teratur. Misalnya ikan diberi makan pelet, kelinci diberi makan sayuran, ayam diberi makan biji – bijian, dan kuda diberi makan rumput.
-          Meimandikan secara teratur.
-          Memeriksa  kesehatannya, agar tidak sakit dan menularkan penyakit.
-          Membersihkan kandangnya secara teratur.
6.       Hewan juga dipelihara di kebun binatang gunanya untuk melindungi hewan agar tidak punah / habis.
7.       Di kebun binatang ada aturan yang harus dipatuhi oleh pengunjung.
8.       Aturan di kebun binatang di buat oleh penanggung jawab kebun binatang agar pengunjung dan binatangnya  tidak celaka. Aturan di kebun binatang antara lain :
-          Dilarang buang sampah sembarangan !
-          Tidak boleh memberi makan hewan !
-          Tidak boleh melempar benda – benda ke kandang hewan !
-          Tidak boleh mengganggu hewan !
9.       Merawat hewan dengan sebaik – baiknya serta membersihkan kotoran hewan peliharaan adalah tidakan terpuji.
10.   Hewan ternak harus dimanfaatkan dengan cara yang benar. Misalnya Sapi yang menghasilkan susu adalah sapi yang memiliki anak. Oleh karena itu kita memerah susu sapi secukupnya. Telur yang dihasilkan oleh ayam sebaiknya sebagian telur ditetaskan menjadi anak ayam agar dapat menghasilkan telur lebih banyak dan ayamnya tidak punah.
11.   Hewan liar juga harus dijaga agar tidak punah. Dengan tidak diburu dan hutan tempat tinggalnya tidak boleh dirusak.

MATEMATIKA

Membandingkan bilangan

1.       Membandingkan bilangan adalah upaya menemukan perbedaan atau persamaan jumlah antara dua buah bilangan dan benda. Untuk membandingkan bilangan atau benda, digunakan kata paling banyak, paling sedikit, lebih banyak dari, lebih sedikit dari, sama banyak,paling besar, paling kecil, lebih besar dari, lebih kecil dari, sama dengan, kurang dari dan lebih dari.

2.       Untuk melakukan perbandingan jumlah, siswa harus dapat melakukan penghitungan  atau mengamati bilangan secara tepat. Lalu kemudian menentukan mana yang lebih banyak atau lebih besar.


Contoh :

Di sebuah peternakan terdapat 87 kuda,  75 kambing, 74 domba, dan 75 sapi.

               Hewan yang paling banyak adalah kuda.
               Hewan yang paling sedikit adalah domba.
Kuda lebih banyak dari  kambing.
Domba lebih sedikit dari sapi.
Kambing sama banyak dengan sapi.

Bilangan yang paling besar adalah : 87
Bilangan yang paling kecil adalah : 74
87 lebih besar dari 75
74 lebih kecil dari 75
74 sama dengan 74
75 lebih dari 74
75 kurang dari 87

3.       Setelah bisa membandingkan jumlah bilangan atau benda. Siswa bisa mengurutkan benda mulai dari yang paling banyak atau paling sedikit juga bisa mengurutkan bilangan mulai dari yang terbesar atau terkecil.

4.       Urutan hewan dari yang paling banyak adalah :

-          Kuda, kambing dan sapi, domba.
5.       Urutan hewan dari yang paling sedikit adalah :

-          Domba, kambing dan sapi, kuda

6.       Urutan bilangan mulai dari yang terbesar adalah :

-          87, 75, 74

7.       Urutan bilangan mulai dari yang terkecil adalah :

-          74. 75, 87

PJOK

Kita dapat menggunakan gerakan hewan untuk berolahraga. Misalnya :

1.       Berlari seperti kuda
2.       Melompat seperti kelinci
3.       Berdiri satu kaki seperti bangau
4.       Berjalan seperti gajah

SBdP

Gerakan hewan juga bisa dijadikan ide untuk tarian. Misalnya

1.       Gerakan kupu – kupu
2.       Gerakan kelinci
3.       Gerakan burung merak
4.       Gerakan kijang



==============================SELAMATBELAJAR======================================