Senin, 27 April 2020

RANGKUMAN MATERI KELAS 2 TEMA 8 SUB TEMA 3 ATURAN KESELAMATAN DI PERJALANAN

MATERI PEMBELAJARAN KELAS 2 SDK SANTA AGATHA
TEMA 8 : KESELAMATAN DI RUMAH DAN PERJALANAN
SUB TEMA 3 : ATURAN KESELAMATAN DI PERJALANAN

              BAHASA INDONESIA

1.      Keselamatan merupakan hal yang penting.
2.      Menjaga keselamatan tidak hanya dilakukan di rumah.
3.      Menjaga keselamatan juga dilakukan diperjalanan.
4.      Keselamatan diri dan orang lain haruslah dijaga
5.      Aturan keselamatan di jalan wajib diperhatikan karena untuk menjaga keselamatan bersama.
Misalnya :
1.      Aturan keselamatan bagi pejalan kaki :
-          Berjalan di trotoar dengan tertib,
-          Memperhatikan sekeliling saat berjalan / melihat ke kiri dan ke kanan ,
-          Menyeberang menggunakan zebra cross atau lewat jembatan penyeberangan, atau minta bantuan orang dewasa bisa tidak ada zebra cross atau jembatan penyeberangan dan
-           Perhatikan rambu lalu lintas ketika menyeberang / lampu lalu lintas berwarna merah, karena kita bisa ditabrak kendaraan jika menyeberang jalan secara sembarangan.
2.      Aturan keselamatan bagi pengendara ;
-          Mengecek kendaraan seperti ban, rem, lampu, dan kaca spion dan memastikan semuanya dalam keadaan baik.
-          Menggunakan sabuk pengaman
-          Selalu waspada dan mematuhi rambu lalu lintas yang ada.
3.      Aturan keselamatan bagi penumpang :
- Tidak boleh mengeluarkan anggota tubuh dari jendela kendaraan.
- Tidak boleh berdiri saat kendaraan sedang berjalan.
- Tidak boleh meludah di dalam kendaraan.
- Tidak boleh membuat keributan karena dapat mengganggu sopir.
6.      Di jalan juga biasanya terdapat benda – benda berbahaya seperti kaleng berkarat, kawat, pecahan kaca, atau paku.  Karenanya kebersihan jalan juga harus dijaga oleh masyarakat.
7.      Cara menjaga kebersihan lingkungan / jalan, melalui kerja bakti.
8.      Untuk menjaga keselamatan saat bekerja, biasanya warga menggunakan sepatu bot, agar tidak mudah terpeleset dan terhindar dari benda berbahaya.

9.      Penggunaan huruf kapital atau huruf besar.

-          Pada huruf pertama awal kalimat :
Contoh : Saya pergi ke pasar.

-          Pada huruf pertama nama orang :
Contoh : Ayah Dika bernama Ahmad Baharudin

-          Pada huruf pertama kata sapaan :
Contoh : Selamat pagi, Ayah.

-          Pada huruf pertama nama agama :
Contoh : Berlian beragama Katolik.

-          Pada huruf pertama nama tempat :
Contoh : Immelda lahir di Purwakarta.
               Kami berlibur ke Pantai Anyer.
               Selat Sunda ada di antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.

-          Pada huruf pertama kata Tuhan :
Contoh : Berdoa kepada Tuhan sebelum dan sesudah makan.

-          Pada huruf pertama nama Tuhan :
1.      Yang Maha Pencipta
2.      Yang Maha Esa
3.      Yang Maha Kuasa
4.      Yang Maha Pengasih
5.      Yang Mahaadil
-          Pada huruf pertama kata ganti untuk Tuhan
-Mu, -Nya, Engkau
Contoh : Terpujilah nama-Mu Tuhan
                Hanya kepada-Nya aku memohon
                Engkau Allah Yang Maha Kuasa
-          Pada huruf pertama nama hari dan bulan
Contoh : Setiap hari Senin, ada pelajaran menyanyi.
               Aku lahir pada bulan Oktober.
-          Singkatan nama dan gelar orang
Contoh: Haji Abdul Hamid disingkat menjadi H. A. Hamid

10.  Penggunaan tanda baca titik (.) :
-          Di akhir kalimat berita atau pernyataan :
Contoh. Laskar tinggal di Citeureup.

-          Memisahkan waktu : memisahkan angka jam, menit, dan detik yang menunjukkan waktu atau jangka waktu.
Contoh : Kami masuk sekolah pukul 07.00 setiap hari.

-          Memisahkan bilangan yang menunjukkan jumlah :
Contoh : 1 kilo meter sama dengan 1.000 meter.

-          Menunjukkan nomor atau urutan :
Bunyi sila Pancasila adalah :
1.      Ketuhanan Yang Maha Esa
2.      Dan seterusnya
-          Setiap akhir singkatan nama orang
Contoh :
a.       Immelda Milenia Purwakristi disingkat menjadi Immelda M. Purwakristi.
b.      Zeyming Tri Pratama disingkat menjadi Zeyming T. Pratama.
c.       Laskar Christian Napitupulu disingkat menjadi Laskar C. Napitupulu.
d.      Lionel Christian Naibaho disingkat menjadi L.Christian Naibaho.

11.  Kalimat tanya digunakan untuk menanyakan sesuatu.
12.  Kalimat tanya diawali dengan kata tanya.
13.  Kalimat tanya diakhiri dengan tanda tanya (?)

14.  Contoh kata tanya :

-          Apa untuk menanyakan sesuatu, keadaan, atau perbuatan.
Contoh : Apa makanan kesukaanmu, Berlian ?

-          Siapa untuk menanyakan pelaku atau nama.
Contoh : Siapa nama temanmu, Lionel ?

-          Kapan untuk menanyakan waktu ( jam, tanggal, hari, bulan, tahun )
Contoh : Kapan kamu masuk sekolah ?
-          Mengapa untuk menanyakan alasan atau sebab sebuah peristiwa.
Contoh : Mengapa kamu bersedih, Immelda ?

-          Di mana untuk menanyakan tempat atau alamat.
Di mana rumahmu ?

PPKn

1.      Kita seharusnya bermain bersama teman dengan rukun dan kompak
2.      Membeda – bedakan teman harus dihindari.dan tidak membuat masalah dengan teman.
3.      Kerukunan dapat tercipta jika kita bermain dengan jujur.
4.      Jika kita tidak sengaja melanggar aturan saat bermain, sebaiknya segera meminta maaf kepada teman.
5.      Walaupun berbeda jenis kelamin, suku, dan agama, kita harus saling menyayangi.
6.      Jika ada teman yang kesusahan, kita harus membantunya.
7.      Kita juga dapat bekerja bakti membersihkan lingkungan sekolah.
8.      Sikap yang baik saat melakukan kegiatan kerja bakti :
-          Membagi tugas kegiatan dengan adil
-          Melakukan tugas sesuai yang diberikan
-          Mau saling membantu
9.      Kita harus tetap bekerja sama meskipun saling berbeda pendapatan
10.  Jika ada perbedaan pendapat kita selesaikan lewat musyawarah.
11.  Hidup rukun menunjukkan sikap persatuan.
12.  Persatuan dalam keberagaman harus dijaga.
13.  Persatuan dalam keluarga juga harus dijaga.
Contohnya : Ino mengusulkan Ayah untuk membeli makanan yang dibungkus daun pisang dari pada plastic karena lebih sehat. Ayah menerima usul Ino karena menyadari pendapat Ino lebih baik. Ayah tidak memaksakan kehendak kepada Ino walaupun Ayah lebih tua.

MATEMATIKA

1.      Kita dapat mengukur lamanya waktu suatu kegiatan dengan menggunakan hari, minggu, bulan, dan tahun.
2.      1 tahun = 12 bulan
1 bulan = 4 minggu / 30 hari
1 minggu = 7 hari

-          Bulan Januari, Maret, Mei, Juli, Agustus, Oktober, dan Desember terdiri dari 31 hari
-          Bulan April, Juni, September, dan November, terdiri dari 30 hari
-          Khusus bulan Februari 28 hari kecuali tahun kabisat yaitu tahun yang bisa dibagi 4
Contoh 2008, 2012, 2016, dan 2020.

3.      Urutan hari dalam seminggu :

Urutan hari dalam seminggu selalu dimulai dari hari Senin dan diakhiri hari Minggu.

Senin – Selasa – Rabu – Kamis – Jumat – Sabtu – Minggu

Jika hari ini adalah hari Jumat maka dua hari yang lalu adalah hari Rabu.
Jika hari ini adalah hari Jumat maka dua hari yang akan datang adalah hari Minggu.

Hari yang lalu artinya sebelum hari ini / sekarang.
Hari yang akan datang adalah setelah hari ini / sekarang

4.      Kita juga dapat menghitung lamanya waktu kegiatan seseorang berdasarkan hari dan minggu.

Contoh  : Ayah pergi keluar kota selama 3 minggu.
               Berapa harikah Ayah di luar kota ?

Jawab :

Diketahui : Ayah keluar selama 3 minggu. 1 minggu = 7hari
                   
Ditanya : 3 minggu  = … hari ?
Jawab 3 minggu = 3 x 7 hari = 21 hari
Jadi Ayah keluar kota selama 21 hari.

Contoh 2.

Nenek berjanji akan mengunjungi Laskar 10 hari lagi. Jika hari ini tanggal 7 April, tanggal berapakah Nenek akan datang ?

Jawab :
Diketahui : Nenek datang 10 hari lagi. Hari ini tanggal 7 April.
Ditanya : Kapan Nenek datang ?
Jawab : Nenek datang = 10 + 7 = 17 April.
Jadi Nenek akan datang tanggal 17 April.


5.      Perhatikan kalender di atas

Jika hari ini tanggal 28 April. Maka  2 minggu yang lalu adalah hari dan tanggal berapa ?
Jawab :
Diketahui hari ini tanggal 28 April hari Selasa. 1 minggu = 7 hari, 2 minggu = 14 hari
Ditanya : hari dan tanggal 2 minggu yang lalu
Jawab : 28 – 14 = 7
Jadi 2 minggu yang lalu hari Selasa, tanggal 7 April.

PJOK

1.      Berjalan dan Berlari sambil bergandengan
Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kerja sama dan kekompakan.
Caranya :
a.       Dilakukan secara berkelompok dengan 2 orang anggota
b.      Setiap kelompok berdiri di lintasan sambil memegang pasangannya.
c.       Setiap kelompok melakukan perintah yang disuruh, misalnya disuruh berjalan, maka harus berjalan, jika disuruh lari maka harus berlari sambil berpegangan tangan sampai di akhir lintasan.
2.      Berjalan juga dapat dilakukan dengan cara melewati rintangan untuk melatih konsentrasi. Caranya dengan berjalan melewati jajaran  tongkat sebagai rintangan dan kaki tidak boleh  menyenggol tongkat  - tersebut. Yang lebih cepat sampai adalah pemenangnya.
3.      Olahraga Kasti
Kasti adalah jenis permainan yang menggunakan tongkat dan bola.
Kegiatan yang dilakukan dalam permainan kasti terdiri dari : melempar, memukul, dan menangkap bola.
a.      Melempar Bola
-          Pelempar siap memegang bola.
-          Pandangan kea rah pemukul bola.
-          Bola diayun ke depan setinggi yang diminta pemukul bola
b.      Memukul Bola
-          Pemukul bersiap dengan tongkat di tangan.
-          Tangan kiri lurus ke depan dan diangkat sesuai dengan tinggi bola yang diminta.
-          Saat bola datang tongkat diangkat dan bola dipukul.
c.       Memukul Bola
-          Penangkap bola melihat arah datangnya bola
-          Kedua tangan diangkat dan telapak dibuka diarahkan ke depan
-          Bola ditangkap dengan kedua telapak tangan



SBdP

1.       Kerajinan tangan atau prakarya dapat dibuat dari dua macam bahan yaitu bahan alam dan bahan buatan.
2.       Bahan alam adalah bahan yang berasal dari alam misalnya tanah liat, kulit jagung, biji – bijian, kulit kerang, cangkang telur, dan lempung terigu.
3.       Contoh hiasan yang dapat dibuat dari bahan alam seperti Hiasan dinding  dari kerang, Kerajinan dari Pelepah Pisang dan kolase dari cangkang telur, Mosaik dari kelopak bunga.




Minggu, 26 April 2020

RANGKUMAN MATERI KELAS 1 TEMA 8 SUB TEMA PENGHUJAN

KELAS 1  SDK SANTA AGATHA

RANGKUMAN TEMA 8 : PERISTIWA ALAM
MATERI PEMBELAJARAN  SUB TEMA 3 : PENGHUJAN

BAHASA INDONESIA
1.       Ciri – ciri Musim Hujan:
-          Hujan sering turun,
-          Udara terasa dingin,
-          Tanah menjadi becek,
-          Tumbuhan tumbuh subur,
-          Air berkelimpahan,
-          Terkadang terjadi banjir, dan
-          Tidak ada debu berterbangan.
2.        Saat musim penghujan, kita memakai baju tebal seperti jaket, agar tetap hangat. Kita juga harus selalu membawa payung dan jas hujan, agar tidak kehujanan.
3.       Saat musim penghujan, sering terjadi banjir, karena sungai yang kotor / tersumbat sampah. Hal ini disebabkan karena orang membuang sampah di sungai.
4.       Untuk mencegah terjadinya banjir saat musim penghujan, kita harus menjaga kebersihan lingkungan, tidak membuang sampah di sembarang tempat misalnya di sungai atau selokan.
5.       Akibat yang disebabkan oleh banjir, selain orang kehilangan tempat tinggal atau nyawa, banjir juga dapat menyebabkan penyakit kulit / gatal-gatal, sakit perut dan diare.
6.       Jika ada tetangga yang terkena musibah, kita harus menolongnya.
7.       Saat hujan deras sering disertai petir dan angin kencang.
8.       Angin kencang dapat merobohkan pohon, sehingga berbahaya kalau berada di luar rumah.
9.       Saat hujan, kita bisa melalukan kegiatan bersama keluarga di rumah, seperti bermain atau bercerita, bercanda, atau mengerjakan tugas sekolah .
10.   Hujan juga bisa turun saat kita berada di sekolah. Yang harus kita lakukan saat hujan di sekolah adalah berlindung di dalam kelas, tetap belajar dan penuh semangat.
11.   Hujan membuat lantai kelas basah terkena air. Karenanya kita harus bekerjasama dan saling membantu untuk mengeringkan lantai kelas agar tidak ada yang terpeleset.
12.   Setelah hujan biasanya akan muncul pelangi. Pelangi terjadi karena adanya pembiasan cahaya matahari yang terkena tetesan hujan. Pelangi akan muncul di langit dengan warna – warna yang indah. Warna – warna pelangi adalah merah, jingga, kuning, hijau, biru,nila, dan ungu. Yang bisa disingkat “mejiku hibiniu”
13.   Pada musim penghujan, makanan dan minuman kita harus hangat dan bergizi seperti  bubur kacang hijau dan teh hangat.
14.   Cara menjaga kesehatan saat musim penghujan dengan tidur yang cukup, makan makanan bergizi, dan berolahraga secara teratur.
15.   Pujian adalah ungkapan perasaan kagum terhadap seseorang, alam , benda, tumbuhan, atau binatang.
16.   Contoh pujian kepada :
-          alam
Alangkah indahnya pemandangan setelah hujan.
-          Benda
Bagus sekali gambarmu kakak.
-          Tumbuhan
Indahnya bunga – bunga setelah tersiram hujan.
-          Binatang
Pintarnya anjingku.
17.   Pujian juga bisa dibuat dalam bentuk puisi, sehingga kita dapat menemukan kalimat pujian pada sebuah puisi.
18.   Pujian diungkapkan dengan tulus dan jujur.
19.   Kalimat pujian bisa dibuat berdasarkan :
1.       Gambar. Contoh :
 
KKa
Kalimat pujian berdasarkan gambar di atas : Bagus sekali kostum menarinya.

2.       Cerita. Contoh :
Gifty menang lomba baca puisi.
        Kalimat pujian untuk Gifty : Wah hebat, Gifty bisa  menang lomba baca puisi.
20.   Jika mendapat pujian, kita harus memberi tanggapan dengan mengucapkan terima kasih.
Contoh :
Kalimat pujian : Wah hebat, Gifty bisa menang lomba baca puisi.
Kalimat tanggapan : Terima kasih teman – teman atas pujiannya. Kalian juga bisa menang, kalau berlatih dengan sungguh – sungguh.


PPKn

1.       Peraturan disebut juga tata tertib.
2.       Peraturan dibuat agar hidup kita nyaman dan teratur, karena peraturan harus kita taati / patuhi. Jika melanggar peraturan kita mendapat hukuman.
3.       Selain mendapat hukuman, jika kita melanggar aturanakan merugikan diri kita sendiri.
Contohnya saat kita tidak mencuci tangan sebelum makan, akibatnya akan sakit perut.
4.       Peraturan mengajar kita sikap disiplin, karenanya kita harus menaati peraturan di semua tempat.
5.       Contoh peraturan di rumah :
a.       Berpamitan sebelum keluar rumah,
b.      Meletakkan barang sesuai tempatnya,
c.       Merapihkan tempat tidur, dan
d.      Merapihkan meja belajar.
Contoh peraturan di sekolah  :
a.       Datang ke sekolah tepat waktu,
b.      Memakai seragam, dan
c.       Belajar dan bermain dengan rukun.
Contoh peraturan di masyarakat :
a.       Menjaga kebersihan lingkungan,
b.      Antre dengan rapid an tertib,
c.       Membuang sampah pada tempatnya, dan
d.      Menjaga keamanan lingkungan.
6.       Aturan dalam masyarakat mengharuskan kita untuk saling menolong. Misalnya ketika hujan, kita dapat meminjamkan payung atau jas hujan kepada teman yang tidak membawa. Atau kita bisa ikut menolong teman atau tetangga yang terkena musibah, misalnya terkena banjir.
7.       Di rumah saat makan ada aturannya yaitu :
a.       Mencuci tangan sebelum makan.
b.      Berdoa sebelum makan.
c.       Mengambil makanan secukupnya.
d.      Saat makan, makanan harus dikunyah dulu minimal 20 kali.
e.      Makan secara perlahan  dan tidak terburu – buru,
f.        Makan tidak boleh bersisa.
g.       Jika makanan masih panas, tunggu agak dingin baru dimakan,
h.      Makan dalam posisi duduk.
8.       Perilaku yang tidak boleh dilakukan saat makan :
a.       Rebutan makanan.
b.      Kaki ditaruh di atas meja.
c.       Semua makanan diletakkan di piring,sehingga piring penuh dengan makanan, dan
d.      Makan dengan terburu – buru.

MATEMATIKA

1.       Kita dapat mengukur lama waktu  kegiatan yang dilakukan, dengan hitungan, tepukan tangan, dan menit
2.       Ukuran waktu ada dua  yaitu sebentar dan lama.
3.       Sebentar artinya membutuhkan waktu sedikit.
4.       Lama artinya membutuhkan waktu banyak

Contoh : Tidur membutuhkan waktu lebih lama daripada gosok gigi.
                Mencuci tangan membutuhkan waktu lebih sedikit dari pada makan.
5.       Kita juga bisa membandingkan kecepatan setiap orang dalam melakukan kegiatan yang sama.

Contoh : Bagas melipat jas hujan selama 6 menit.
                 Afika melipat jas hujan selama 4 menit.
           Gifty melipat jas hujan selama 5 menit.
           Imelda melipat jas hujan selama 2 menit.
           Moses melipat jas hujan selama  4 menit.
           Bagus melipat jas hujan selama  3 menit.
Kesimpulannya :
1.       Anak yang paling cepat melipat jas hujan adalah Imelda.
2.       Anak yang paling lama melipat jas hujan adalah Bagas.
3.       Urutan anak yang melipat jas hujan mulai dari yang tercepat :
Imelda – Bagus – Afika dan Moses – Gifty – Bagas

Contoh 2. Bu guru meminta murid – murid mengumpulkan daun kering untuk prakarya dalam waktu 5 menit. Hasilnya sebagai berikut :
Rani mengumpulkan 15 daun kering, Fani mengumpulkan 17 daun kering, Fandi mengumpulkan 14 daun kering, dan Doni mengumpulkan 16 daun kering.
Kesimpulan :
1.       Fani lebih cepat mengumpulkan daun kering daripada Doni
2.       Fandi lebih lama mengumpulkan daun kering daripada Rani.
6.       Kita juga dapat menentukkan lamanya suatu kegiatan berdasarkan petunjuk jam.
Contoh :  Sinta mulai belajar pukul 3 sore dan selesai belajar pukul 5 sore. Lamanya Sinta belajar 2 jam.
Kita bisa menghitungnya berdasarkan petunjuk jam.

 mulai belajar : pukul 3 sore


                       selesai belajar : pukul 5 sore


Jarum pendek bergerak dari angka 3 ke angka 5 sebanyak 2 angka. Sehingga lama waktu Sinta belajar adalah 2 jam.
                                         PJOK
1.       Saat bermain di kolam harus hati – hati, tidak boleh saling mendorong karena berbahaya, seperti terpeselet atau jatuh ke dalam kolam.
2.       Kegiatan di dalam kolam renang bisa dilakukan bersama – sama, seperti :
1.        Berdiri di dalam air. Caranya adalah :
a.       Berpegangan tangan dengan teman,
b.      Angkat satu kaki kanan dan kiri secara bergantian sambil tetap berpegangan.
2, Latihan memukul kaki ke air, caranya adalah :
a.       Berdiri menempel ke dinding kolam.
b.      Kaki kanan diangkat ke depan, kemudian dipukulkan ke air.
c.       Kaki kiri diangkat ke depan, kemudian dipukulkan ke air.
d.      Lakukan secara bergantian.
3.       Permainan di kolam renang
a.       Lomba merangkak. Caranya :
1.       Permainan dilakukan oleh empat orang
2.       Peserta berbaris dengan posisi merangkak
3.       Setelah peluit ditiup, peserta berlomba merangkak sampai ke tepi kolam.
4.       Yang lebih dahulu sampai ke tepi menjadi pemenang.
b.      Melempar Bola dalam Air
1.       Permainan dilakukan secara berkelompok
2.       Masing – masing kelompok diberikan 20 bola plastic kecil.
3.       Setiap anggota kelompok, harus melempar bola melewati garis.
4.       Yang paling banyak melewati garis jadi pemenangnya.

SBdP

-          Karya tiga dimensi  adalah karya seni yang mempunyai sisi panjang, lebar dan tinggi  atau berbentuk bangun ruang yang dapat dipegang dan diangkat.
Contohnya patung, tempat pensil, vas bunga, topeng, gantungan kunci, dan egrang dari tempurung kelapa.
Contoh lain karya tiga dimensi adalah Kperahu dan kincir dari  kertas origami, baling – baling plastik, atau rakitan mainan dari sedotan.


==============================SELAMATBELAJAR======================================