Minggu, 26 April 2020

RANGKUMAN MATERI KELAS 1 TEMA 8 SUB TEMA PENGHUJAN

KELAS 1  SDK SANTA AGATHA

RANGKUMAN TEMA 8 : PERISTIWA ALAM
MATERI PEMBELAJARAN  SUB TEMA 3 : PENGHUJAN

BAHASA INDONESIA
1.       Ciri – ciri Musim Hujan:
-          Hujan sering turun,
-          Udara terasa dingin,
-          Tanah menjadi becek,
-          Tumbuhan tumbuh subur,
-          Air berkelimpahan,
-          Terkadang terjadi banjir, dan
-          Tidak ada debu berterbangan.
2.        Saat musim penghujan, kita memakai baju tebal seperti jaket, agar tetap hangat. Kita juga harus selalu membawa payung dan jas hujan, agar tidak kehujanan.
3.       Saat musim penghujan, sering terjadi banjir, karena sungai yang kotor / tersumbat sampah. Hal ini disebabkan karena orang membuang sampah di sungai.
4.       Untuk mencegah terjadinya banjir saat musim penghujan, kita harus menjaga kebersihan lingkungan, tidak membuang sampah di sembarang tempat misalnya di sungai atau selokan.
5.       Akibat yang disebabkan oleh banjir, selain orang kehilangan tempat tinggal atau nyawa, banjir juga dapat menyebabkan penyakit kulit / gatal-gatal, sakit perut dan diare.
6.       Jika ada tetangga yang terkena musibah, kita harus menolongnya.
7.       Saat hujan deras sering disertai petir dan angin kencang.
8.       Angin kencang dapat merobohkan pohon, sehingga berbahaya kalau berada di luar rumah.
9.       Saat hujan, kita bisa melalukan kegiatan bersama keluarga di rumah, seperti bermain atau bercerita, bercanda, atau mengerjakan tugas sekolah .
10.   Hujan juga bisa turun saat kita berada di sekolah. Yang harus kita lakukan saat hujan di sekolah adalah berlindung di dalam kelas, tetap belajar dan penuh semangat.
11.   Hujan membuat lantai kelas basah terkena air. Karenanya kita harus bekerjasama dan saling membantu untuk mengeringkan lantai kelas agar tidak ada yang terpeleset.
12.   Setelah hujan biasanya akan muncul pelangi. Pelangi terjadi karena adanya pembiasan cahaya matahari yang terkena tetesan hujan. Pelangi akan muncul di langit dengan warna – warna yang indah. Warna – warna pelangi adalah merah, jingga, kuning, hijau, biru,nila, dan ungu. Yang bisa disingkat “mejiku hibiniu”
13.   Pada musim penghujan, makanan dan minuman kita harus hangat dan bergizi seperti  bubur kacang hijau dan teh hangat.
14.   Cara menjaga kesehatan saat musim penghujan dengan tidur yang cukup, makan makanan bergizi, dan berolahraga secara teratur.
15.   Pujian adalah ungkapan perasaan kagum terhadap seseorang, alam , benda, tumbuhan, atau binatang.
16.   Contoh pujian kepada :
-          alam
Alangkah indahnya pemandangan setelah hujan.
-          Benda
Bagus sekali gambarmu kakak.
-          Tumbuhan
Indahnya bunga – bunga setelah tersiram hujan.
-          Binatang
Pintarnya anjingku.
17.   Pujian juga bisa dibuat dalam bentuk puisi, sehingga kita dapat menemukan kalimat pujian pada sebuah puisi.
18.   Pujian diungkapkan dengan tulus dan jujur.
19.   Kalimat pujian bisa dibuat berdasarkan :
1.       Gambar. Contoh :
 
KKa
Kalimat pujian berdasarkan gambar di atas : Bagus sekali kostum menarinya.

2.       Cerita. Contoh :
Gifty menang lomba baca puisi.
        Kalimat pujian untuk Gifty : Wah hebat, Gifty bisa  menang lomba baca puisi.
20.   Jika mendapat pujian, kita harus memberi tanggapan dengan mengucapkan terima kasih.
Contoh :
Kalimat pujian : Wah hebat, Gifty bisa menang lomba baca puisi.
Kalimat tanggapan : Terima kasih teman – teman atas pujiannya. Kalian juga bisa menang, kalau berlatih dengan sungguh – sungguh.


PPKn

1.       Peraturan disebut juga tata tertib.
2.       Peraturan dibuat agar hidup kita nyaman dan teratur, karena peraturan harus kita taati / patuhi. Jika melanggar peraturan kita mendapat hukuman.
3.       Selain mendapat hukuman, jika kita melanggar aturanakan merugikan diri kita sendiri.
Contohnya saat kita tidak mencuci tangan sebelum makan, akibatnya akan sakit perut.
4.       Peraturan mengajar kita sikap disiplin, karenanya kita harus menaati peraturan di semua tempat.
5.       Contoh peraturan di rumah :
a.       Berpamitan sebelum keluar rumah,
b.      Meletakkan barang sesuai tempatnya,
c.       Merapihkan tempat tidur, dan
d.      Merapihkan meja belajar.
Contoh peraturan di sekolah  :
a.       Datang ke sekolah tepat waktu,
b.      Memakai seragam, dan
c.       Belajar dan bermain dengan rukun.
Contoh peraturan di masyarakat :
a.       Menjaga kebersihan lingkungan,
b.      Antre dengan rapid an tertib,
c.       Membuang sampah pada tempatnya, dan
d.      Menjaga keamanan lingkungan.
6.       Aturan dalam masyarakat mengharuskan kita untuk saling menolong. Misalnya ketika hujan, kita dapat meminjamkan payung atau jas hujan kepada teman yang tidak membawa. Atau kita bisa ikut menolong teman atau tetangga yang terkena musibah, misalnya terkena banjir.
7.       Di rumah saat makan ada aturannya yaitu :
a.       Mencuci tangan sebelum makan.
b.      Berdoa sebelum makan.
c.       Mengambil makanan secukupnya.
d.      Saat makan, makanan harus dikunyah dulu minimal 20 kali.
e.      Makan secara perlahan  dan tidak terburu – buru,
f.        Makan tidak boleh bersisa.
g.       Jika makanan masih panas, tunggu agak dingin baru dimakan,
h.      Makan dalam posisi duduk.
8.       Perilaku yang tidak boleh dilakukan saat makan :
a.       Rebutan makanan.
b.      Kaki ditaruh di atas meja.
c.       Semua makanan diletakkan di piring,sehingga piring penuh dengan makanan, dan
d.      Makan dengan terburu – buru.

MATEMATIKA

1.       Kita dapat mengukur lama waktu  kegiatan yang dilakukan, dengan hitungan, tepukan tangan, dan menit
2.       Ukuran waktu ada dua  yaitu sebentar dan lama.
3.       Sebentar artinya membutuhkan waktu sedikit.
4.       Lama artinya membutuhkan waktu banyak

Contoh : Tidur membutuhkan waktu lebih lama daripada gosok gigi.
                Mencuci tangan membutuhkan waktu lebih sedikit dari pada makan.
5.       Kita juga bisa membandingkan kecepatan setiap orang dalam melakukan kegiatan yang sama.

Contoh : Bagas melipat jas hujan selama 6 menit.
                 Afika melipat jas hujan selama 4 menit.
           Gifty melipat jas hujan selama 5 menit.
           Imelda melipat jas hujan selama 2 menit.
           Moses melipat jas hujan selama  4 menit.
           Bagus melipat jas hujan selama  3 menit.
Kesimpulannya :
1.       Anak yang paling cepat melipat jas hujan adalah Imelda.
2.       Anak yang paling lama melipat jas hujan adalah Bagas.
3.       Urutan anak yang melipat jas hujan mulai dari yang tercepat :
Imelda – Bagus – Afika dan Moses – Gifty – Bagas

Contoh 2. Bu guru meminta murid – murid mengumpulkan daun kering untuk prakarya dalam waktu 5 menit. Hasilnya sebagai berikut :
Rani mengumpulkan 15 daun kering, Fani mengumpulkan 17 daun kering, Fandi mengumpulkan 14 daun kering, dan Doni mengumpulkan 16 daun kering.
Kesimpulan :
1.       Fani lebih cepat mengumpulkan daun kering daripada Doni
2.       Fandi lebih lama mengumpulkan daun kering daripada Rani.
6.       Kita juga dapat menentukkan lamanya suatu kegiatan berdasarkan petunjuk jam.
Contoh :  Sinta mulai belajar pukul 3 sore dan selesai belajar pukul 5 sore. Lamanya Sinta belajar 2 jam.
Kita bisa menghitungnya berdasarkan petunjuk jam.

 mulai belajar : pukul 3 sore


                       selesai belajar : pukul 5 sore


Jarum pendek bergerak dari angka 3 ke angka 5 sebanyak 2 angka. Sehingga lama waktu Sinta belajar adalah 2 jam.
                                         PJOK
1.       Saat bermain di kolam harus hati – hati, tidak boleh saling mendorong karena berbahaya, seperti terpeselet atau jatuh ke dalam kolam.
2.       Kegiatan di dalam kolam renang bisa dilakukan bersama – sama, seperti :
1.        Berdiri di dalam air. Caranya adalah :
a.       Berpegangan tangan dengan teman,
b.      Angkat satu kaki kanan dan kiri secara bergantian sambil tetap berpegangan.
2, Latihan memukul kaki ke air, caranya adalah :
a.       Berdiri menempel ke dinding kolam.
b.      Kaki kanan diangkat ke depan, kemudian dipukulkan ke air.
c.       Kaki kiri diangkat ke depan, kemudian dipukulkan ke air.
d.      Lakukan secara bergantian.
3.       Permainan di kolam renang
a.       Lomba merangkak. Caranya :
1.       Permainan dilakukan oleh empat orang
2.       Peserta berbaris dengan posisi merangkak
3.       Setelah peluit ditiup, peserta berlomba merangkak sampai ke tepi kolam.
4.       Yang lebih dahulu sampai ke tepi menjadi pemenang.
b.      Melempar Bola dalam Air
1.       Permainan dilakukan secara berkelompok
2.       Masing – masing kelompok diberikan 20 bola plastic kecil.
3.       Setiap anggota kelompok, harus melempar bola melewati garis.
4.       Yang paling banyak melewati garis jadi pemenangnya.

SBdP

-          Karya tiga dimensi  adalah karya seni yang mempunyai sisi panjang, lebar dan tinggi  atau berbentuk bangun ruang yang dapat dipegang dan diangkat.
Contohnya patung, tempat pensil, vas bunga, topeng, gantungan kunci, dan egrang dari tempurung kelapa.
Contoh lain karya tiga dimensi adalah Kperahu dan kincir dari  kertas origami, baling – baling plastik, atau rakitan mainan dari sedotan.


==============================SELAMATBELAJAR======================================

Tidak ada komentar: