Kamis, 19 Maret 2020

RANGKUMAN KELAS 2 SUB TEMA 2 : KEBERSAMAAN DI SEKOLAH


TEMA 7 : KEBERSAMAAN
SUB TEMA 1 : KEBERSAMAAN DI SEKOLAH

BAHASA INDONESIA

1.      Kebersamaan di sekolah sangat penting.

2.      Contoh kebersamaan di  sekolah misalnya :

-          Kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah
-          Piket kelas
-          Diskusi kelompok
-          Belajar bersama
-          Berolahraga bersama
-          Bermain bersama

3.      Tujuan kebersamaan di sekolah adalah :
-          Menciptakan keamanan dan kedamaian di sekolah
-          Menciptakan sikap tolong menolong di antara teman
-          Saling mendukung  di antara teman
-          Tidak ada kekerasan di sekolah dan
-          Menumbuhkan sikap disiplin

4.       Saat melakukan kegiatan bersama teman sangat menyenangkan, karena bisa saling membantu.
5.      Dogeng dapat ditulis kembali menggunakan kata – kata sendiri.
6.      Tokoh dalam dongeng dapat dikenali sifatnya berdasarkan ucapan atau perbuatannya.
7.      Pada dogeng “Kebersamaan yang Menguntungkan” tokoh Bunbun, Totol, Cicit, dan Lulut mempunyai sifat yang baik, karena sebagai sahabat mereka berempat selalu rukun dan saling membantu.
8.      Pada dongeng “ Akibat Malas Bangun Pagi “ tokoh Zela dan Zeli mempunyai sifat yang berbeda.
Zela sangat rajin sedangkan Zeli sangat malas. Zela sebagai sahabat sering menasehati Zeli sehingga Zeli berubah menjadi lebih baik. Zeli pun berterima kasih kepada Zela.

9.      Pada dongeng “Musik Kelinci” tokoh kelinci mempunyai sifat rajin belajar dan tidak menyerah. Sedangkan tokoh Ayam dan Tupai mempunyai sifat suka mengejek. Kelinci tidak pernah menyerah untuk berlatih main piano walaupun diejek oleh temannya Ayam dan Tupai. Hasilnya Kelinci bisa bernyanyi di atas panggung diiringi piano sehingga Ayam dan Tupai menyesal dan menyadari kesalahan mereka yang telah mengejek tupai.
10.  Pada dogeng “Guna Persahabatan” tokoh Belo Kerbau mempunyai sifat iri karena tidak mempunyai leher yang panjang seperti Jeje Jerapah. Padahal dengan leher yang panjang, Jeje Jerapah tidak bisa makan rumput seperti Belo Kerbau. Sehingga Belo Kerbau menyadari bahwa sesama teman harus saling menolong. Jeje Jerapah bisa membantu Belo Kerbau mengambil daun, Belo Kerbau bisa membantu Jeje Jerapah mengambil rumput.
11.  Pada dongeng “Bekerja Sama” Tokoh Mumu Semut sedang mencari makan. Ketika menemukan makanan, dia kesulitan untuk membawa makanan ke sarangnya. Dia membutuhkan bantuan orang lain yaitu teman – temannya yang bernama Mucil, Mupi, Murang, dan Mucu. Teman – teman Mumu pun datang untuk menolong sehingga makanan dapat dibawa ke sarang.
12.  Bermain peran maksudnya kita menirukan percakapan dan memerankan  tokoh yang ada di dalam cerita dengan penuh penghayatan.
13.  Kata sapaan adalah kata yang digunakan untuk menegur sapa orang yang diajak bicara.
14.  Huruf pertama kata sapaan ditulis dengan huruf kapital.
15.  Contoh kata sapaan :

a.       Nama diri, misalnya Miming dan Immel.
Contoh : Di mana rumahmu Immel ?

b.      Kata dalam kekerabatan, misalnya Bapak, Ibu, Kakak, dan Adik.
Contoh : Kapan Adik berulang tahun ?

c.       Gelar jabatan atau profesi, misalnya kapten, jenderal, guru suster dan dokter
Contoh :  Ke mana tujuan kita, Kapten ?

d.      Kata nama pelaku, misalnya penonton, peserta, pendengar, dan hadirin.
Contoh : Selamat pagi Peserta upacara bendera.

PPKn

1.      Di sekolah ada murid laki – laki dan perempuan.
2.      Murid laki – laki dan perempuan mempunyai hak yang sama yaitu belajar dan bermain bersama.
3.      Murid – murid juga ada yang berbeda agama dan daerah asal. Misalnya Berlian beragama Katolik dan berasal dari suku Batak daerah Sumatera Utara. Immelda beragama Protestan dan berasal dari suku Sunda daerah Jawa Barat.
4.      Ada juga banyak suku di Indonesia.Misalnya suku Jawa berasal dari Jawa. Suku Madura berasal dari Madura. Suku Minang dan Melayu berasal dari Sumatera. Suku Bugis berasal dari Sulawesi.Suku Dayak berasal dari Kalimantan. Suku Bali berasal dari Bali. Suku Dani berasal dari Papua.
5.      Selain berbeda agama dan daerah asal. Murid – murid juga punya kesukaan / kegemaran yang berbeda – beda.
6.      Walaupun berbeda agama, daerah asal, dan kesukaan  semua murid bermain dengan rukun.
7.      Kerukunan bisa terjadi jika tidak saling mengejek atau menjelekkan dan selalu saling menghargai.
8.      Contoh sikap yang tidak membedakan teman :
a.       Lionel, Laskar, Miming, Berlian, dan Immel bermain bola dengan rukun.
b.      Lionel dan Laskar mengajak Immel belajar bersama.
c.       Saat piket kelas semua anak saling membantu.
9.      Jika kita rukun maka kita bisa bekerja sama dengan teman.
10.  Contoh perilaku kerjasama :
a.       Miming kesulitan membawa banyak buku. Immel membantu Miming membawa buku.
b.      Laskar kesulitan mengerjakan latihan matematika. Miming membantu Laskar menerangkan soal matematika.
c.       Lionel terjatuh saat bermain. Immel membantu Lionel berdiri.
d.      Laskar bermain sepak bola. Laskar bekerja sama dengan temannya menciptakan gol.

MATEMATIKA

1.      Ibu mempunyai 1 telur rebus yang akan dibagikan kepada 2 orang anaknya. Masing – masing anak akan mendapat 1 dari 2 bagian telur.
Setiap 1 bagian telur disebut satu per dua atau seperdua. 

Contoh lainnya dengan melipat kertas sesuai yang kita kehendaki, kemudian salah satu bagiannya diarsir / diwarnai seperti gambar berikut :

2.      Rani membuat sebuah lingkaran. Kemudian lingkaran tersebut dibagi menjadi 3 bagian sama besar. Setiap 1 bagian lingkaran disebut satu per tiga atau sepertiga.

                                                                      

       Contoh lainnya seperti gambar berikut :

                                                 
3.      Yoga menggambar segi empat. Kemudian Segi empat dibagi menjadi 4 bagian sama besar.   Setiap 1 bagian segi empat disebut satu per empat atau seperempat.


PJOK

1.      Gerakan – gerakan untuk melatih keseimbangan di dalam air saat belajar berenang :

a.       Berjalan – jalan di air

Kedua tangan direntangkan kemudian berjalan dengan hati – hati agar tidak jatuh dari ujung kolam renang yang satu sampai ke ujung kolam renang yang lain.

b.      Berlatih menahan napas

Berdiri di dekat tepi kolam. Bungkukkan badan ke depan.Benamkan kepala ke dalam air sambil menahan napas. Setelah beberapa hitungan, angkat kepala dari air untuk mengambil napas. Lakukan berulang – ulang.

c.       Melayang di air

Berdiri di tepi kolam yang airnya setinggi dada. Badan dibungkukkan sambil tangan memegang tepi kolam dengan telapak tangan menghadap ke bawah. Kepala menghadap dinding kolam dan kaki diapungkan lurus ke belakang.

2.      Gerakan melaju saat berenang

a.       Posisi awal telentang di permukaan air.
b.      Kedua kaki ditekuk.
c.       Tangan digerakan di samping badan.
d.      Keseimbangan harus dijaga agar tidak tenggelam.

SBdP

1.      Gerakan tari adalah gerakkan badan yang teratur dan berirama.
2.      Gerakan tari ada yang mudah, yaitu gerakan tari salah satu bagian tubuh seperi gerakan kepala, tangan, dan kaki.
3.      Gerakan tari juga ada yang sulit, yaitu gerakan gabungan anggota tubuh, seperti gabungan gerakan tangan dan kaki atau kepala dengan tangan. Contoh lainnya seperti gabungan gerakan kedua kaki jinjit dan pergelangan tangan diputar.
4.      Gerakan tari juga bisa ditiru dari gerakan hewan seperti gerakan :
a.       Kelinci melompat
b.      Kupu – kupu terbang
c.       Burung merak dan
d.      Kijang

@@@selamat belajar di Rumah@@@

Tidak ada komentar: