TEMA 7 : KEBERSAMAAN
SUB TEMA 1 : KEBERSAMAAN DI SEKOLAH
BAHASA
INDONESIA
1.
Kebersamaan
di sekolah sangat penting.
2.
Contoh kebersamaan di sekolah misalnya :
-
Kerja bakti membersihkan lingkungan
sekolah
-
Piket kelas
-
Diskusi kelompok
-
Belajar bersama
-
Berolahraga bersama
-
Bermain bersama
3.
Tujuan kebersamaan di sekolah adalah
:
-
Menciptakan keamanan dan kedamaian
di sekolah
-
Menciptakan sikap tolong menolong di
antara teman
-
Saling mendukung di antara teman
-
Tidak ada kekerasan di sekolah dan
-
Menumbuhkan sikap disiplin
4.
Saat melakukan kegiatan bersama teman sangat
menyenangkan, karena bisa saling membantu.
5.
Dogeng dapat ditulis kembali
menggunakan kata – kata sendiri.
6.
Tokoh dalam dongeng dapat dikenali
sifatnya berdasarkan ucapan atau perbuatannya.
7.
Pada dogeng “Kebersamaan yang
Menguntungkan” tokoh Bunbun, Totol, Cicit, dan Lulut mempunyai sifat yang baik,
karena sebagai sahabat mereka berempat selalu rukun dan saling membantu.
8.
Pada dongeng “ Akibat Malas Bangun
Pagi “ tokoh Zela dan Zeli mempunyai sifat yang berbeda.
Zela
sangat rajin sedangkan Zeli sangat malas. Zela sebagai sahabat sering
menasehati Zeli sehingga Zeli berubah menjadi lebih baik. Zeli pun berterima
kasih kepada Zela.
9.
Pada dongeng “Musik Kelinci” tokoh
kelinci mempunyai sifat rajin belajar dan tidak menyerah. Sedangkan tokoh Ayam
dan Tupai mempunyai sifat suka mengejek. Kelinci tidak pernah menyerah untuk
berlatih main piano walaupun diejek oleh temannya Ayam dan Tupai. Hasilnya
Kelinci bisa bernyanyi di atas panggung diiringi piano sehingga Ayam dan Tupai
menyesal dan menyadari kesalahan mereka yang telah mengejek tupai.
10.
Pada dogeng “Guna Persahabatan”
tokoh Belo Kerbau mempunyai sifat iri karena tidak mempunyai leher yang panjang
seperti Jeje Jerapah. Padahal dengan leher yang panjang, Jeje Jerapah tidak
bisa makan rumput seperti Belo Kerbau. Sehingga Belo Kerbau menyadari bahwa
sesama teman harus saling menolong. Jeje Jerapah bisa membantu Belo Kerbau
mengambil daun, Belo Kerbau bisa membantu Jeje Jerapah mengambil rumput.
11.
Pada dongeng “Bekerja Sama” Tokoh
Mumu Semut sedang mencari makan. Ketika menemukan makanan, dia kesulitan untuk
membawa makanan ke sarangnya. Dia membutuhkan bantuan orang lain yaitu teman –
temannya yang bernama Mucil, Mupi, Murang, dan Mucu. Teman – teman Mumu pun datang
untuk menolong sehingga makanan dapat dibawa ke sarang.
12.
Bermain peran maksudnya kita
menirukan percakapan dan memerankan tokoh yang ada di dalam cerita dengan penuh
penghayatan.
13.
Kata sapaan adalah kata yang
digunakan untuk menegur sapa orang yang diajak bicara.
14.
Huruf pertama kata sapaan ditulis
dengan huruf kapital.
15.
Contoh kata sapaan :
a.
Nama diri, misalnya Miming dan Immel.
Contoh : Di mana rumahmu Immel ?
b.
Kata dalam kekerabatan, misalnya Bapak, Ibu, Kakak, dan Adik.
Contoh : Kapan Adik berulang tahun ?
c.
Gelar jabatan atau profesi, misalnya
kapten, jenderal, guru suster dan dokter
Contoh : Ke mana tujuan kita, Kapten ?
d.
Kata nama pelaku, misalnya penonton,
peserta, pendengar, dan hadirin.
Contoh : Selamat pagi Peserta upacara bendera.
PPKn
1.
Di sekolah ada murid laki – laki dan
perempuan.
2.
Murid laki – laki dan perempuan
mempunyai hak yang sama yaitu belajar dan bermain bersama.
3.
Murid – murid juga ada yang berbeda
agama dan daerah asal. Misalnya Berlian beragama Katolik dan berasal dari suku
Batak daerah Sumatera Utara. Immelda beragama Protestan dan berasal dari suku
Sunda daerah Jawa Barat.
4.
Ada juga banyak suku di Indonesia.Misalnya
suku Jawa berasal dari Jawa. Suku Madura berasal dari Madura. Suku Minang dan
Melayu berasal dari Sumatera. Suku Bugis berasal dari Sulawesi.Suku Dayak
berasal dari Kalimantan. Suku Bali berasal dari Bali. Suku Dani berasal dari
Papua.
5.
Selain berbeda agama dan daerah
asal. Murid – murid juga punya kesukaan / kegemaran yang berbeda – beda.
6.
Walaupun berbeda agama, daerah asal,
dan kesukaan semua murid bermain dengan
rukun.
7.
Kerukunan bisa terjadi jika tidak
saling mengejek atau menjelekkan dan selalu saling menghargai.
8.
Contoh sikap yang tidak membedakan
teman :
a.
Lionel, Laskar, Miming, Berlian, dan
Immel bermain bola dengan rukun.
b.
Lionel dan Laskar mengajak Immel
belajar bersama.
c.
Saat piket kelas semua anak saling
membantu.
9.
Jika kita rukun maka kita bisa
bekerja sama dengan teman.
10.
Contoh perilaku kerjasama :
a.
Miming kesulitan membawa banyak
buku. Immel membantu Miming membawa buku.
b.
Laskar kesulitan mengerjakan latihan
matematika. Miming membantu Laskar menerangkan soal matematika.
c.
Lionel terjatuh saat bermain. Immel
membantu Lionel berdiri.
d.
Laskar bermain sepak bola. Laskar
bekerja sama dengan temannya menciptakan gol.
MATEMATIKA
1.
Ibu mempunyai 1 telur rebus yang
akan dibagikan kepada 2 orang anaknya. Masing – masing anak akan mendapat 1
dari 2 bagian telur.
Setiap 1 bagian telur disebut satu
per dua atau seperdua.
Contoh lainnya dengan melipat kertas
sesuai yang kita kehendaki, kemudian salah satu bagiannya diarsir / diwarnai
seperti gambar berikut :
2.
Rani membuat sebuah lingkaran.
Kemudian lingkaran tersebut dibagi menjadi 3 bagian sama besar. Setiap 1 bagian
lingkaran disebut satu per tiga atau sepertiga.
Contoh lainnya seperti gambar berikut :
3.
Yoga menggambar segi empat. Kemudian
Segi empat dibagi menjadi 4 bagian sama besar.
Setiap 1 bagian segi empat disebut satu per empat atau seperempat.
PJOK
1.
Gerakan – gerakan untuk melatih
keseimbangan di dalam air saat belajar berenang :
a.
Berjalan – jalan di air
Kedua tangan direntangkan kemudian berjalan
dengan hati – hati agar tidak jatuh dari ujung kolam renang yang satu sampai ke
ujung kolam renang yang lain.
b.
Berlatih menahan napas
Berdiri di dekat tepi kolam.
Bungkukkan badan ke depan.Benamkan kepala ke dalam air sambil menahan napas.
Setelah beberapa hitungan, angkat kepala dari air untuk mengambil napas.
Lakukan berulang – ulang.
c.
Melayang di air
Berdiri di tepi kolam yang airnya
setinggi dada. Badan dibungkukkan sambil tangan memegang tepi kolam dengan
telapak tangan menghadap ke bawah. Kepala menghadap dinding kolam dan kaki
diapungkan lurus ke belakang.
2.
Gerakan melaju saat berenang
a.
Posisi awal telentang di permukaan
air.
b.
Kedua kaki ditekuk.
c.
Tangan digerakan di samping badan.
d.
Keseimbangan harus dijaga agar tidak
tenggelam.
SBdP
1.
Gerakan tari adalah gerakkan badan
yang teratur dan berirama.
2.
Gerakan tari ada yang mudah, yaitu
gerakan tari salah satu bagian tubuh seperi gerakan kepala, tangan, dan kaki.
3.
Gerakan tari juga ada yang sulit,
yaitu gerakan gabungan anggota tubuh, seperti gabungan gerakan tangan dan kaki
atau kepala dengan tangan. Contoh lainnya seperti gabungan gerakan kedua kaki
jinjit dan pergelangan tangan diputar.
4.
Gerakan tari juga bisa ditiru dari
gerakan hewan seperti gerakan :
a.
Kelinci melompat
b.
Kupu – kupu terbang
c.
Burung merak dan
d.
Kijang
@@@selamat belajar di Rumah@@@
Tidak ada komentar:
Posting Komentar