Senin, 20 April 2020

RANGKUMAN MATERI KELAS 2 TEMA 8 SUB TEMA 2 MENJAGA KESELAMATAN DI RUMAH


MATERI PEMBELAJARAN KELAS 2 SDK SANTA AGATHA

TEMA 8 : KESELAMATAN DI RUMAH DAN PERJALANAN

SUB TEMA 2 : MENJAGA  KESELAMATAN DI RUMAH

Menjaga keselamatan dilakukan di mana saja.

Menjaga keselamatan di rumah sangat penting.

Aturan dibuat untuk menjaga keselamatan karena kita tidak ingin keluarga kita susah

Keselamatan diri dan keluarga perlu dijaga.

Keselamatan barang – barang berharga juga harus dijaga.

Menjaga keselamatan dengan menaati aturan.



BAHASA INDONESIA



1.      Dokumen adalah bukti tertulis.

2.      Dokumen berupa surat penting seperti sertifikat tanah, buku nikah, dan sertifikat rumah.

3.      Dokumen ada dua yaitu dokumen diri yang berisi data diri dan dimiliki oleh seseorang dan dokumen keluarga yaitu dokumen yang dimiliki oleh seluruh anggota keluarga.

4.      Contoh dokumen diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Indentitas Anak (KIA), dan Kartu Pelajar (KP)

5.      Data yang ada di dokumen pribadi berisi data pribadi. Contoh data yang ada di Kartu Pelajar terdiri dari :

-          Nama sekolah

-          Jenis dokumen

-          Nama diri

-          Keterangan

6.      Contoh dokumen keluarga seperti Kartu Keluarga(KK)

7.      Contoh lain dokumen keluarga adalah album foto.

8.      Album foto berisi foto kenangan karenanya harus dirawat agar kita dapat menceritakan kepada orang lain di masa yang akan datang.

9.      Dokumen harus dijaga dan dirawat agar tidak rusak atau hilang yaitu dengan menyimpan pada tempatnya



10.  Penggunaan huruf kapital atau huruf besar.





-          Pada huruf pertama awal kalimat :

Contoh : Saya pergi ke pasar.



-          Pada huruf pertama nama orang :

Contoh : Ayah Dika bernama Ahmad Baharudin



-          Pada huruf pertama kata sapaan :

Contoh : Selamat pagi, Ayah.



-          Pada huruf pertama nama agama :

Contoh : Berlian beragama Katolik.



-          Pada huruf pertama nama tempat :

Contoh : Immelda lahir di Purwakarta.



-          Pada huruf pertama kata Tuhan :

Contoh : Berdoa kepada Tuhan sebelum dan sesudah makan.



-          Pada huruf pertama kata ganti Tuhan :

1.      Yang Maha Pencipta

2.      Yang Maha Esa

3.      Yang Maha Kuasa

4.      Yang Maha Pengasih

5.      Yang Mahaadil

11.  Penggunaan tanda baca titik (.) :

-          Di akhir kalimat berita atau pernyataan :

Contoh. Laskar tinggal di Citeureup.



-          Memisahkan waktu : memisahkan angka jam, menit, dan detik yang menunjukkan waktu atau jangka waktu.

Contoh : Kami masuk sekolah pukul 07.00 setiap hari.



-          Memisahkan bilangan yang menunjukkan jumlah :

Contoh : 1 kilo meter sama dengan 1.000 meter.



-          Menunjukkan nomor atau urutan :

Bunyi sila Pancasila adalah :

1.      Ketuhanan Yang Maha Esa

2.      Dan seterusnya



12.  Kalimat tanya digunakan untuk menanyakan sesuatu.

13.  Kalimat tanya diawali dengan kata tanya.

14.  Kalimat tanya diakhiri dengan tanda tanya (?)

15.  Contoh kata tanya :

-          Apa untuk menanyakan sesuatu, keadaan, atau perbuatan.

Contoh : Apa makanan kesukaanmu, Berlian ?



-          Siapa untuk menanyakan pelaku atau nama.

Contoh : Siapa nama temanmu, Lionel ?



-          Kapan untuk menanyakan waktu ( jam, tanggal, hari, bulan, tahun )

Contoh : Kapan kamu masuk sekolah ?

-          Mengapa untuk menanyakan alasan atau sebab sebuah peristiwa.

Contoh : Mengapa kamu bersedih, Immelda ?



-          Di mana untuk menanyakan tempat atau alamat.

Di mana rumahmu ?



PPKn



1.      Contoh persatuan dalam keberagaman di rumah

a.       Di rumah kita ada perbedaan, seperti perbedaan usia ( adik, kakak ), jenis kelamin ( laki – laki, perempuan), walaupun berbeda kita harus hidup rukun.

b.      Anak – anak harus hormat kepada orang tua juga kepada adik dan kakak.

c.       Di rumah harus saling membantu terutama saat membersihkan rumah.

2.      Contoh persatuan dalam keberagaman di masyarakat yaitu :

Di masyarakat, ada perbedaan agama dan suku bangsa, tetapi saat kerja bakti membersihkan lingkungan semua warga bersatu dan bekerja sama, saling menolong.

3.      Contoh persatuan dalam keberagaman di sekolah yaitu

     Di sekolah, anak – anak memiliki perbedaan agama, kesukaan, jenis kelamin, dan juga ciri fisik, tetapi semua anak selalu menjaga persatuan seperti belajar kelompok bersama, membersihkan kelas bersama, juga bermain bersama.



MATEMATIKA



1.      Satu hari terdiri dari 24 jam

1        jam    = 60 menit

1          menit = 60 detik



2.       Sementara dalam sebuah jam angka yang terlihat hanya 1 sampai 12.

3.      Dalam sehari jam berputar penuh sebanyak 2 kali.

4.      Dalam 24 jam ada waktu pagi, siang, sore, dan malam.

5.      Setelah satu kali putaran atau pukul 12.00 siang, penulisan waktu tidak lagi 01.00, tetapi menjadi pukul 13.00 hingga pukul 24.00 atau jam 12 malam.

6.      Kita dapat menentukan lamanya suatu kegiatan dengan bantuan jam.

Contoh 1 :



Rani membersihkan kamarnya pukul 08.00



Rani selesai membersihkan kamarnya pukul 09.00







Lama waktu Rani membersihkan kamarnya adalah 1 jam atau 60 menit.



09.00 – 08.00 = 1 jam = 1 x 60 menit = 60 menit ( 1 jam = 60 menit )



Contoh 2 :



Ibu pergi ke rumah nenek pukul 17.00

Cara menggambar jamnya adalah :

Pukul 17.00 = pukul 05.00 sore = 17.00 – 12.00 = 05.00







Ibu pulang dari rumah nenek pukul 20.00

Cara menggambar jamnya :

Pukul 20.00 = pukul 08.00 malam = 20.00 – 12.00 = 08.00







Lama waktu Ibu ke rumah nenek = pukul 20.00 – 17.00 = 3 jam

2        jam = 3 x 60 menit (1 jam = 60 menit ) = 180 menit



7.      Jam memiliki jarum panjang dan jarum pendek.

8.      Jarum pendek yang bergerak lambat menunjukkan angka jam.

9.      Jarum panjang yang bergerak lebih cepat menunjukkan angka menit. Jarak antara setiap angka adalah 5 menit. Misalnya

-          Jarum panjang di angka 12, jarum pendek di angka 3, menunjukkan pukul 03.00

-          Jarum panjang di angka 1, jarum pedek di angkar 3, menjunjukkan pukul 03.05, artinya pukul 3 lebih 5 menit, begitu juga jika jarum panjang di angka 10, jarum pendek di angka 3, menunjukkan pukul 03.10 jam 3 lebih 10 menit.

Contoh.



Berlian mulai belajar pukul 14.00

Cara menggambar jamnya  14.00 – 12.00 = pukul 02.00 siang



      Berlian selesai belajar pukul 15.30

Cara menggambar jamnya 15.30 – 12.00 = pukul 03.30 sore atau jam 3 lebih 30 menit .

Jarum panjang di angka 6, jarum pendek di antara angka 3 dan 4.






Lamanya Berlian belajar = 15.30 – 14.00 = 1.30 atau 1 jam 30 menit = 60 + 30 = 90 menit.



PJOK



1.      Salah satu gerakan dalam berolah raga adalah gerakan mendorong dan menarik.

2.      Gerakan mendorong dan menarik dapat melatih kekuatan otot tangan.

3.      Dorong mendorong tanpa alat minimal dilakukan oleh dua orang. Caranya

-          Berdiri berhadapan, saling pegang bahu, salah satu kaki berada di depan, badan condong ke depan. Setelah aba – aba lakukan dorong mendorong, agar teman atau pasanganmu berpindah tempat.

4.      Tarik menarik tanpa alat minimal dilakukan oleh dua orang. Caranya

-          Berdiri berhadapan sambil memegang tangan, satu kaki di depan, sikap badan sedikit menengadah, setelah aba-aba lakukan tarik menarik.

5.      Bermain Lempar Tangkap Bola

a.      Melempar Bola ; Bola dipegang dengan kedua tangan.Badan berdiri dengan posisimelempar, kaki kanan ke depan, kaki kiri tetap di belakang.bola diarahkan ke atas kemudian dilemparkan.

b.      Menangkap Bola : Pandanganmata ke arah bola, tangan di depan dada, telapak tangan terbuka, saat bola mendekat, tangan diarahkan ke bola dan segera tangkap.

6.      Permainan lempar tangkap bola melatih konsentrasi.



SBdP



1.      Beberapa gerakan tari, diambil dari gerak sehari – hari. Seperti

a.       Gerakan tari meniru orang menyapu

b.      Gerakan tari meniru orang merapikan buku

c.       Gerakan membersihkan sepeda yang terdiri dari :

1.      Gerakan menggunakan kain lap dan

2.      Gerakan menggunakan slang air



2.      Ada dua macam cara melakukan gerakan tari yaitu :

a.       Gerak tingkat rendah seperti merangkak dan timpuh.

b.      Gerakan tingkat tinggi seperti berdiri, berjinjit, dan melenggang.

3.      Untuk memperindah tarian dibuat Pola Lantai.

4.      Ada bermacam – macam Pola Lantai, yaitu :

Perhatikan gambar berikut !




See the source image

(1)   Pola lantai lurus ke depan ke belakang atau vertical : penari membentuk garis lurus atau vertical dari depan ke belakang atau sebaliknya.

(2)   Pola lantai lurus ke samping atau horizontal: penari berbaris membentuk garis lurus ke samping atau horizontal.

(3)   Pola lantai diagonal; penari berbaris membentuk garis menyudut ke kanan atau ke kiri.

(4)   Pola lantai melingkar : penari membentuk garis lingkaran.


RANGKUMAN MATERI KELAS 1 TEMA 8 SUB TEMA 2 KEMARAU


KELAS 1  SDK SANTA AGATHA



RANGKUMAN TEMA 8 : PERISTIWA ALAM

MATERI PEMBELAJARAN  SUB TEMA 2 : KEMARAU



BAHASA INDONESIA

1.       Ciri – ciri Musim Kemarau :

-          Hujan jarang turun,

-          Sungai dan mata air mengering,

-          Tanah menjadi kering dan tandus,

-          Tumbuhan dan binatang banyak yang mati,

-          Warga kesulitan mendaptkan air bersih

-          Udara terasa panas, dan

-          Banyak debu berterbangan.

2.        Saat musim kemarau, kita memakai baju tipis yang tebuat dari katun karena mudah menyerap keringat.

3.       Permainan yang bisa dimainkan saat kemarau yaitu Lompat Tali, Layang – Layang, dan Bermain Kelereng.

4.       Pada musim kemarau, pedagang es akan laris dagangannya karena es terasa menyegarkan, tetapi tidak boleh minum es terlalu banyak karena akan terkena sakit batuk dan pilek.

5.       Penyakit yang timbul saat musim kemarau adalah demam berdarah karena banyak nyamuk beterbangan dan penyakit gangguan pernapasan dan sakit mata yang disebabkan karena debu yang berterbangan.

6.       Penyebab terjadinya kekeringan saat kemarau karena banyak hutan yang gundul karena ditebang dan tidak ditanami kembali.

7.       Akar –akar pohon dapat menyimpan air di dalam tanah.

8.       Pujian adalah ungkapan perasaan kagum terhadap seseorang.

9.       Pujian diungkapkan dengan tulus dan jujur.

10.   Jika mendapat pujian, kita mengucapkan terima kasih.

11.   Kalimat pujian diucapkan dengan intonasi atau nada tinggi.

Contoh kalimat pujian : Tulisan kamu bagus sekali atau Suaramu merdu sekali.

12.   Kalimat ucapan terima kasih diucapkan dengan intonasi atau nada rendah.

Contoh ucapan terima kasih : Terima kasih telah membantu Ibu  atau Terima kasih telah meminjamkan pensil.

13.   Kalimat tanggapan adalah reaksi atau jawaban atas pertanyaan atau pujian seseorang.

Contoh

Kalimat pujian : Wah, bagus sekali sepatumu Imel.

Kalimat tanggapan : Terima kasih pujiannya Gifty.

14.   Kalimat ajakan adalah kalimat yang berisi ajakan kepada seseorang atau kelompok untuk melakukan sesuatu bersama.

15.   Kalimat ajakan diawali dengan kata – kata ajakan misalnya ayo, mari, marilah.

Contoh :

-          Ayo, teman – teman kita belajar bersama!

-          Mari, kita jaga kebersihan sekolah!

-          Marilah kita bekerja sama membersihkan kelas!

Kalimat ajakan juga harus diberi tanggapan.

Contoh : Ayo, kita membersihkan kelas !



Kalimat tanggapan : Baik, kita akan membersihkan kelas bersama – sama.







PPKn



1.       Saat musim kemarau banyak debu berterbangan sehingga rumah menjadi cepat kotor. Debu dan nyamuk yang berterbangan akan menyebabkan penyakit bagi manusia.

2.       Agar kita terhindar dari penyakit di musim kemarau ada aturan yang harus kita patuhi.

3.       Aturan di rumah saat musim kemarau yaitu :

a.       Menutup jendela agar debu tidak masuk ke dalam rumah,

b.      Tidak berlama – lama di di luar rumah,

c.       Minum air putih secukupnya,

d.      Bersihkan kaca, lantai, dan perabot rumah dari debu,

e.      Tidak boleh minum es terlalu banyak,

f.        Matikan keran air jika tidak digunakan, dan

g.       Makan makanan yang bervitamin seperti buah – buahan dan sayuran.

4.       Saat musim kemarau kita harus menjaga kebersihan lingkungan sekitar seperti

a.       Membersihkan saluran air dari sampah,

b.      Tidak membiarkan air menggenang cara akan menjadi sarang nyamuk,

c.       Melakukan pengasapan untuk membasmi nyamuk, lalat, dan kecoa.

5.       Kebersihan lingkunganadalah tanggung jawab semua warga.

6.       Saat musim kemarau air susah didapat karena sumur – sumur menjadi kering.

7.       Kita dapat membantu orang lain dengan memberikan air dan tidak membuang – buang air.

8.       Sikap yang mau menolong orang lain dan tidak melakukan pemborosan sesuai dengan sila kelima Pancasila yang berbunyi “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”

9.       Selain di rumah, di sekolah pun ada aturan yang harus dipatuhi. Misalnya

a.       Gunakan air dengan hemat,

b.      Matikan keran air setelah digunakan,

c.       Jika keran rusak, segera laporkan kepada guru.

d.      Tidak berlama – lama di luar kelas,

e.      Membersihkan kelas setiap hari.



MATEMATIKA



1.       Untuk mengukur suatu benda dibutuhkan timbangan.

Kita juga dapat mengukur berat benda dengan alat ukur tidak  baku, seperti

Kelereng, sendok, baterai, dan kerikil.



Jika berat benda yang diukur sama, maka posisi bendanya juga sama atau timbangannya lurus sejajar.

Jika bendanya lebih berat, maka timbangannya turun dan lebih ringan timbangannya naik.



Contoh : Hasil pengukuran dengan alat ukur kelereng diketahui sebagai berikut :



-          Berat buku = 6 kelereng

-          Berat pensil = 2 kelereng

-          Berat kotak pensil = 8 kelereng

-          Berat penghapus = 3 kelereng



Kita dapat mengurutkan benda sebagai berikut :

1.       Benda yang paling berat adalah kotak pensil

2.       Benda yang paling ringan adalah pensil

3.       Urutan benda mulai dari yang paling berat adalah :

Kotak pensil – buku – penghapus – pensil

4.       Urutan benda mulai dari yang paling ringan adalah :

Pensil – penghapus – buku – kotak pensil



2.       Selain menggunakan timbangan dengan alat ukur kelereng, baterai, sendok dan kerikil, kita juga dapat mengukur  berat benda dengan cara membandingkannya menggunakan tangan.



Contoh. Afika ingin membandingkan berat buah – buahan dengan menggunakan tangan. Hasil pengukurannya sebagai berikut :



1.       Duku lebih ringan daripada jambu

2.       Jeruk lebih berat daripada jambu

3.       Apel lebih ringan daripada melon

4.       Pepaya lebih berat daripada melon

5.       Pepaya lebih ringan daripada semangka



-          Buah yang paling ringan adalah duku

-          Buah yang paling berat adalah semangka

-          Urutan buah dari yang paling ringan adalah :

Duku – jambu – jeruk – apel – melon – pepaya – semangka

-          Urutan buah dari yang paling berat adalah :

Semangka – pepaya – melon – apel – jeruk – jambu – duku

                                                        PJOK



1.       Belajar berenang dilakukan di kolam yang dangkal karena  di kolam yang dalam  berbahaya karena dapat tenggelam.

2.       Saat berenang disarankan memakai peralatan renang yang terdiri dari ; pakaian renang, kaca mata, pelampung, dan papan peluncur.

3.       Sebelum berenang harus memperhatikan hal – hal berikut :

a.       Lakukan pemanasan untuk melemaskan otot dan persendian agar tidak kram atau kejang.

b.      Berenang di kolam yang dangkal.

c.       Berenang dengan pengawasan petugas atau orang yang ahli.

d.      Jangan berlari di pinggir kolam karena licin.

e.      Perhatikan apakah ada keramik yang pecah karena bisa terluka.

4.       Melatih pernapasan di darat dengan cara menghirup udara dari mulut dan dikeluarkan melalui hidung.

5.       Lakukan pengenalan air dengan duduk di pinggir kolam.

6.       Gerakan untuk latihan berenang :

a.       Masuklah pelan – pelan ke dalam kolam.

b.      Tarik tubuh maju, mundur, menjauh, dan mendekat ke sisi kolam sambil berpegangan pada tangga di sisi kolam

c.       Berjalan sambil menjaga keseimbangan tubuh agar tidak jatuh

7.       Latihan Bernapas Dalam air

Berdiri di tepi kolam, ambil napas melalui mulut, tahan beberapa saat, sumbat telinga dengan jari tangan, masukkan muka ke dalam air dengan mata terbuka, angkat kepala ke atas untuk menghirup udara.

8.       Gerak dasar mengambil napas

Tangan memegang di dinding kolam atau teman, masukkan kepala ke dalam air, putar kepala ke samping kiri dan kanan sehingga mulut berada di atas air, ambil napas, masukkan kepala ke air lalu buang napas.

9.       Gerak dasar tangan dan kaki

a.       Pegang sisi kolam dan angkat kaki satu per satu dengan perlahan sejajar tubuh

b.      Gerakan kkedua kaki ke atas dan ke bawah secara bergantian

c.       Gerakan kedua kaki mulai dari pangkal betis  dan jangan terlalu tinggi tetapi cukup dekat dengan permukaan air.



SBdP



1.       Menari adalah gerakan anggota tubuh yang gemulai.

2.       Agar lebih semangat, menari biasanya diiringi musik.

3.       Agar kita dapat menari dengan baik, harus rajin berlatih

4.       Menari atau tarian, bisa terinspirasi dari gerakan hewan, tumbuhan ataupun benda lainnya.

5.       Ada juga yang terinspirasi dari lagu.

6.       Seperti lagu “Hujan” gerakan menari sebagai berikut :

a.       Saat menyanyikan Tik – tik bunyi hujan : Kedua tangan direntangkan ke atas sambil berjalan di tempat.

b.      Di atas genting : Tangan direntangkan ke depan sambil jalan di tempat.

c.       Airnya turun tidak terkira

Cobalah tengok dahan dan ranting : Kedua tangan di pinggang kaki disilang ke depan dan kepala digelengkan ke kiri dank e kanan.

d.      Pohon dan kebun basah semua : kedua tangan di pinggang, kaki diayun ke kanan dank e kiri

7.       Menari gerakan kupu – kupu dengan lagu “Kupu – kupu yang Lucu” membutuhkan selendang.

a.       Gerakan kupu – kupu terbang ; pegang kedua ujung selendang, gerakan tangan naik turun di samping badan dan berjalan bentuk putaran.

b.      Gerakan kupu – kupu hinggap di bunga : gerakan tanganmu bergantian ke atas dank e bawah di depan badan sambil kaki jinjit maju mundur.



  





==============================SELAMATBELAJAR======================================

Misa Harian 20 April 2020 - Gereja Santo Petrus Katedral Bandung



Selamat Kepada Yayasan Pendidikan Karya Insan Sejati Mandiri, Sekolah TKK dan SDK Santa Agatha Yang Telah Memulai Karirnya Dibidang Pendidikan Sejak Tahun 2016 Hingga Saat Ini. Semoga Apa Yang Dilakukan Ini Dapat Memberi Kotribusi Besar Terhadap Pendidikan Anak-Anak Kita Di Republik Ini. (Pian)