KELAS 1 SDK SANTA AGATHA
RANGKUMAN TEMA 8 : PERISTIWA ALAM
MATERI PEMBELAJARAN SUB TEMA 2 : KEMARAU
BAHASA INDONESIA
1. Ciri – ciri Musim Kemarau :
-
Hujan jarang turun,
-
Sungai dan mata air mengering,
-
Tanah menjadi kering dan tandus,
-
Tumbuhan dan binatang banyak yang mati,
-
Warga kesulitan mendaptkan air bersih
-
Udara terasa panas, dan
-
Banyak debu berterbangan.
2. Saat musim kemarau, kita memakai baju tipis yang tebuat dari katun karena mudah menyerap keringat.
3. Permainan
yang bisa dimainkan saat kemarau yaitu Lompat
Tali, Layang – Layang, dan Bermain
Kelereng.
4. Pada
musim kemarau, pedagang es akan
laris dagangannya karena es terasa menyegarkan, tetapi tidak boleh minum es
terlalu banyak karena akan terkena sakit
batuk dan pilek.
5. Penyakit
yang timbul saat musim kemarau adalah demam
berdarah karena banyak nyamuk beterbangan dan penyakit gangguan pernapasan dan sakit
mata yang disebabkan karena debu
yang berterbangan.
6. Penyebab
terjadinya kekeringan saat kemarau karena banyak hutan yang gundul karena ditebang dan tidak ditanami kembali.
7. Akar –akar pohon dapat menyimpan air di dalam tanah.
8. Pujian adalah ungkapan perasaan kagum terhadap seseorang.
9. Pujian diungkapkan dengan tulus dan jujur.
10. Jika
mendapat pujian, kita mengucapkan terima kasih.
11. Kalimat pujian diucapkan dengan intonasi atau nada tinggi.
Contoh kalimat pujian : Tulisan kamu bagus sekali atau Suaramu merdu sekali.
12. Kalimat ucapan terima kasih diucapkan
dengan intonasi atau nada rendah.
Contoh ucapan terima kasih :
Terima kasih telah membantu Ibu atau
Terima kasih telah meminjamkan pensil.
13. Kalimat tanggapan adalah reaksi atau jawaban atas pertanyaan atau pujian seseorang.
Contoh
Kalimat pujian : Wah, bagus sekali
sepatumu Imel.
Kalimat tanggapan : Terima kasih
pujiannya Gifty.
14. Kalimat ajakan adalah kalimat yang berisi ajakan kepada seseorang atau kelompok
untuk melakukan sesuatu bersama.
15. Kalimat ajakan diawali dengan kata –
kata ajakan misalnya ayo, mari, marilah.
Contoh :
-
Ayo,
teman – teman kita belajar bersama!
-
Mari,
kita jaga kebersihan sekolah!
-
Marilah
kita bekerja sama membersihkan kelas!
Kalimat ajakan juga harus
diberi tanggapan.
Contoh : Ayo, kita membersihkan
kelas !
Kalimat tanggapan : Baik, kita akan
membersihkan kelas bersama – sama.
PPKn
1.
Saat musim kemarau banyak debu berterbangan sehingga
rumah menjadi cepat kotor. Debu dan nyamuk yang berterbangan akan menyebabkan
penyakit bagi manusia.
2.
Agar kita terhindar dari penyakit di musim
kemarau ada aturan yang harus kita patuhi.
3.
Aturan di rumah saat musim kemarau yaitu :
a.
Menutup jendela agar debu tidak masuk ke dalam
rumah,
b.
Tidak berlama – lama di di luar rumah,
c.
Minum air putih secukupnya,
d.
Bersihkan kaca, lantai, dan perabot rumah dari
debu,
e.
Tidak boleh minum es terlalu banyak,
f.
Matikan keran air jika tidak digunakan, dan
g.
Makan makanan yang bervitamin seperti buah –
buahan dan sayuran.
4.
Saat musim kemarau kita harus menjaga kebersihan
lingkungan sekitar seperti
a.
Membersihkan saluran air dari sampah,
b.
Tidak membiarkan air menggenang cara akan
menjadi sarang nyamuk,
c.
Melakukan pengasapan untuk membasmi nyamuk,
lalat, dan kecoa.
5.
Kebersihan lingkunganadalah tanggung jawab semua
warga.
6.
Saat musim kemarau air susah didapat karena
sumur – sumur menjadi kering.
7.
Kita dapat membantu orang lain dengan memberikan
air dan tidak membuang – buang air.
8.
Sikap yang mau menolong orang lain dan tidak
melakukan pemborosan sesuai dengan sila
kelima Pancasila yang berbunyi “Keadilan
sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”
9.
Selain di rumah, di sekolah pun ada aturan yang
harus dipatuhi. Misalnya
a.
Gunakan air dengan hemat,
b.
Matikan keran air setelah digunakan,
c.
Jika keran rusak, segera laporkan kepada guru.
d.
Tidak berlama – lama di luar kelas,
e.
Membersihkan kelas setiap hari.
MATEMATIKA
1.
Untuk mengukur suatu benda dibutuhkan timbangan.
Kita juga dapat mengukur berat benda dengan alat ukur tidak baku, seperti
Kelereng, sendok, baterai, dan kerikil.
Jika berat benda yang diukur sama, maka posisi bendanya juga sama atau timbangannya lurus sejajar.
Jika bendanya lebih berat, maka timbangannya turun dan lebih ringan timbangannya naik.
Contoh : Hasil pengukuran dengan alat ukur kelereng diketahui sebagai berikut :
-
Berat buku = 6 kelereng
-
Berat pensil = 2 kelereng
-
Berat kotak pensil = 8 kelereng
-
Berat penghapus = 3 kelereng
Kita dapat mengurutkan benda sebagai berikut :
1.
Benda yang paling berat adalah kotak pensil
2.
Benda yang paling ringan adalah pensil
3.
Urutan benda mulai dari yang paling berat adalah
:
Kotak pensil – buku – penghapus – pensil
4.
Urutan benda mulai dari yang paling ringan
adalah :
Pensil – penghapus – buku – kotak pensil
2.
Selain menggunakan timbangan dengan alat ukur
kelereng, baterai, sendok dan kerikil, kita juga dapat mengukur berat benda dengan cara membandingkannya
menggunakan tangan.
Contoh. Afika ingin membandingkan berat buah – buahan dengan menggunakan
tangan. Hasil pengukurannya sebagai berikut :
1.
Duku lebih ringan daripada jambu
2.
Jeruk lebih berat daripada jambu
3.
Apel lebih ringan daripada melon
4.
Pepaya lebih berat daripada melon
5.
Pepaya lebih ringan daripada semangka
-
Buah yang paling ringan adalah duku
-
Buah yang paling berat adalah semangka
-
Urutan buah dari yang paling ringan adalah :
Duku – jambu – jeruk – apel –
melon – pepaya – semangka
-
Urutan buah dari yang paling berat adalah :
Semangka – pepaya – melon – apel – jeruk –
jambu – duku
PJOK
1.
Belajar berenang
dilakukan di kolam yang dangkal
karena di kolam yang dalam
berbahaya karena dapat tenggelam.
2.
Saat berenang
disarankan memakai peralatan renang yang
terdiri dari ; pakaian renang, kaca
mata, pelampung, dan papan peluncur.
3.
Sebelum berenang harus memperhatikan hal – hal
berikut :
a.
Lakukan pemanasan
untuk melemaskan otot dan persendian agar tidak kram atau kejang.
b.
Berenang di kolam yang dangkal.
c.
Berenang dengan pengawasan petugas atau orang
yang ahli.
d.
Jangan berlari di pinggir kolam karena licin.
e.
Perhatikan apakah ada keramik yang pecah karena
bisa terluka.
4.
Melatih pernapasan di darat dengan cara
menghirup udara dari mulut dan dikeluarkan melalui hidung.
5.
Lakukan pengenalan
air dengan duduk di pinggir kolam.
6.
Gerakan untuk latihan berenang :
a.
Masuklah pelan – pelan ke dalam kolam.
b.
Tarik tubuh maju, mundur, menjauh, dan mendekat
ke sisi kolam sambil berpegangan pada tangga di sisi kolam
c.
Berjalan sambil menjaga keseimbangan tubuh agar
tidak jatuh
7.
Latihan Bernapas Dalam air
Berdiri di tepi kolam, ambil napas melalui mulut, tahan beberapa saat,
sumbat telinga dengan jari tangan, masukkan muka ke dalam air dengan mata
terbuka, angkat kepala ke atas untuk menghirup udara.
8.
Gerak dasar mengambil napas
Tangan memegang di dinding kolam atau teman, masukkan kepala ke dalam
air, putar kepala ke samping kiri dan kanan sehingga mulut berada di atas air,
ambil napas, masukkan kepala ke air lalu buang napas.
9.
Gerak dasar tangan dan kaki
a.
Pegang sisi kolam dan angkat kaki satu per satu
dengan perlahan sejajar tubuh
b.
Gerakan kkedua kaki ke atas dan ke bawah secara
bergantian
c.
Gerakan kedua kaki mulai dari pangkal betis dan jangan terlalu tinggi tetapi cukup dekat
dengan permukaan air.
SBdP
1.
Menari adalah
gerakan anggota tubuh yang gemulai.
2.
Agar lebih semangat, menari biasanya diiringi musik.
3.
Agar kita dapat menari dengan baik, harus rajin berlatih
4.
Menari atau
tarian, bisa terinspirasi dari gerakan hewan, tumbuhan ataupun benda
lainnya.
5.
Ada juga yang terinspirasi dari lagu.
6.
Seperti lagu “Hujan” gerakan menari sebagai berikut :
a.
Saat menyanyikan Tik – tik bunyi hujan : Kedua tangan direntangkan ke atas sambil
berjalan di tempat.
b.
Di atas
genting : Tangan direntangkan ke depan sambil jalan di tempat.
c.
Airnya
turun tidak terkira
Cobalah tengok dahan dan ranting :
Kedua tangan di pinggang kaki disilang ke depan dan kepala digelengkan ke
kiri dank e kanan.
d.
Pohon dan
kebun basah semua : kedua tangan di pinggang, kaki diayun ke kanan dank e
kiri
7.
Menari gerakan kupu – kupu dengan lagu “Kupu
– kupu yang Lucu” membutuhkan selendang.
a.
Gerakan
kupu – kupu terbang ; pegang kedua ujung selendang, gerakan tangan naik
turun di samping badan dan berjalan bentuk putaran.
b.
Gerakan
kupu – kupu hinggap di bunga : gerakan
tanganmu bergantian ke atas dank e bawah di depan badan sambil kaki jinjit maju
mundur.
==============================SELAMATBELAJAR======================================
Tidak ada komentar:
Posting Komentar