MATERI PEMBELAJARAN KELAS 2 SDK SANTA AGATHA
TEMA 8 : KESELAMATAN DI RUMAH DAN PERJALANAN
SUB TEMA 2 : MENJAGA KESELAMATAN DI RUMAH
Menjaga keselamatan dilakukan di mana saja.
Menjaga keselamatan di rumah sangat penting.
Aturan dibuat untuk menjaga keselamatan karena kita tidak ingin keluarga kita susah
Keselamatan diri dan keluarga perlu dijaga.
Keselamatan barang – barang berharga juga harus dijaga.
Menjaga keselamatan dengan menaati aturan.
BAHASA
INDONESIA
1.
Dokumen adalah bukti tertulis.
2.
Dokumen berupa surat penting seperti sertifikat tanah, buku nikah, dan
sertifikat rumah.
3.
Dokumen ada dua yaitu dokumen diri yang berisi data diri dan dimiliki oleh seseorang dan dokumen keluarga yaitu dokumen yang dimiliki
oleh seluruh anggota keluarga.
4.
Contoh
dokumen diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Indentitas Anak (KIA), dan Kartu Pelajar (KP)
5.
Data yang
ada di dokumen pribadi berisi data pribadi. Contoh data yang ada di Kartu
Pelajar terdiri dari :
-
Nama sekolah
-
Jenis dokumen
-
Nama diri
-
Keterangan
6.
Contoh
dokumen keluarga seperti Kartu Keluarga(KK)
7.
Contoh
lain dokumen keluarga adalah album foto.
8.
Album foto berisi
foto kenangan karenanya harus
dirawat agar kita dapat menceritakan kepada orang lain di masa yang akan
datang.
9.
Dokumen harus dijaga
dan dirawat agar tidak rusak atau hilang yaitu dengan menyimpan pada tempatnya
10. Penggunaan huruf kapital atau huruf besar.
-
Pada huruf pertama awal kalimat :
Contoh : Saya pergi ke pasar.
-
Pada huruf pertama nama orang :
Contoh : Ayah Dika bernama Ahmad Baharudin
-
Pada huruf pertama kata sapaan :
Contoh : Selamat pagi, Ayah.
-
Pada huruf pertama nama agama :
Contoh : Berlian beragama Katolik.
-
Pada huruf pertama nama tempat :
Contoh : Immelda lahir di Purwakarta.
-
Pada huruf pertama kata Tuhan :
Contoh : Berdoa kepada Tuhan sebelum dan sesudah makan.
-
Pada huruf pertama kata ganti Tuhan
:
1.
Yang Maha Pencipta
2.
Yang Maha Esa
3.
Yang Maha Kuasa
4.
Yang Maha Pengasih
5.
Yang Mahaadil
11.
Penggunaan tanda baca titik (.) :
-
Di akhir kalimat berita atau
pernyataan :
Contoh. Laskar tinggal di Citeureup.
-
Memisahkan waktu : memisahkan angka
jam, menit, dan detik yang menunjukkan waktu atau jangka waktu.
Contoh : Kami masuk sekolah pukul
07.00 setiap hari.
-
Memisahkan bilangan yang menunjukkan
jumlah :
Contoh : 1 kilo meter sama dengan
1.000 meter.
-
Menunjukkan nomor atau urutan :
Bunyi sila Pancasila adalah :
1.
Ketuhanan Yang Maha Esa
2.
Dan seterusnya
12.
Kalimat tanya digunakan untuk
menanyakan sesuatu.
13.
Kalimat tanya diawali dengan kata
tanya.
14.
Kalimat tanya diakhiri dengan tanda
tanya (?)
15.
Contoh kata tanya :
-
Apa untuk
menanyakan sesuatu, keadaan, atau perbuatan.
Contoh : Apa makanan kesukaanmu, Berlian ?
-
Siapa untuk
menanyakan pelaku atau nama.
Contoh : Siapa nama temanmu, Lionel ?
-
Kapan untuk
menanyakan waktu ( jam, tanggal, hari, bulan, tahun )
Contoh : Kapan kamu masuk sekolah ?
-
Mengapa untuk
menanyakan alasan atau sebab sebuah peristiwa.
Contoh : Mengapa kamu bersedih, Immelda ?
-
Di mana untuk
menanyakan tempat atau alamat.
Di mana rumahmu ?
PPKn
1.
Contoh
persatuan dalam keberagaman di rumah
a.
Di rumah kita ada perbedaan, seperti
perbedaan usia ( adik, kakak ), jenis kelamin ( laki – laki, perempuan),
walaupun berbeda kita harus hidup rukun.
b.
Anak – anak harus hormat kepada
orang tua juga kepada adik dan kakak.
c.
Di rumah harus saling membantu
terutama saat membersihkan rumah.
2.
Contoh persatuan dalam keberagaman
di masyarakat yaitu :
Di masyarakat, ada perbedaan agama
dan suku bangsa, tetapi saat kerja bakti membersihkan lingkungan semua warga
bersatu dan bekerja sama, saling menolong.
3.
Contoh persatuan dalam keberagaman
di sekolah yaitu
Di sekolah, anak – anak memiliki perbedaan
agama, kesukaan, jenis kelamin, dan juga ciri fisik, tetapi semua anak selalu
menjaga persatuan seperti belajar kelompok bersama, membersihkan kelas bersama,
juga bermain bersama.
MATEMATIKA
1.
Satu hari terdiri dari 24 jam
1
jam = 60 menit
1
menit = 60 detik
2.
Sementara dalam sebuah jam angka yang terlihat
hanya 1 sampai 12.
3.
Dalam sehari jam berputar penuh
sebanyak 2 kali.
4.
Dalam 24 jam ada waktu pagi, siang,
sore, dan malam.
5.
Setelah satu kali putaran atau pukul
12.00 siang, penulisan waktu tidak lagi 01.00, tetapi menjadi pukul 13.00
hingga pukul 24.00 atau jam 12 malam.
6.
Kita dapat menentukan lamanya suatu
kegiatan dengan bantuan jam.
Contoh 1 :
Rani membersihkan kamarnya pukul
08.00
Rani selesai membersihkan kamarnya
pukul 09.00
Lama waktu Rani membersihkan
kamarnya adalah 1 jam atau 60 menit.
09.00 – 08.00 = 1 jam = 1 x 60 menit
= 60 menit ( 1 jam = 60 menit )
Contoh 2 :
Ibu pergi ke rumah nenek pukul 17.00
Cara menggambar jamnya adalah :
Pukul 17.00 = pukul 05.00 sore =
17.00 – 12.00 = 05.00
Ibu pulang dari rumah nenek pukul
20.00
Cara menggambar jamnya :
Pukul 20.00 = pukul 08.00 malam =
20.00 – 12.00 = 08.00
Lama waktu Ibu ke rumah nenek =
pukul 20.00 – 17.00 = 3 jam
2
jam = 3 x 60 menit (1 jam = 60 menit
) = 180 menit
7.
Jam memiliki jarum panjang dan jarum
pendek.
8.
Jarum pendek yang bergerak lambat
menunjukkan angka jam.
9.
Jarum panjang yang bergerak lebih
cepat menunjukkan angka menit. Jarak antara setiap angka adalah 5 menit. Misalnya
-
Jarum panjang di angka 12, jarum
pendek di angka 3, menunjukkan pukul 03.00
-
Jarum panjang di angka 1, jarum
pedek di angkar 3, menjunjukkan pukul 03.05, artinya pukul 3 lebih 5 menit,
begitu juga jika jarum panjang di angka 10, jarum pendek di angka 3,
menunjukkan pukul 03.10 jam 3 lebih 10 menit.
Contoh.
Berlian mulai belajar pukul 14.00
Cara menggambar jamnya 14.00 – 12.00 = pukul 02.00 siang
Berlian selesai belajar pukul 15.30
Cara menggambar jamnya 15.30 – 12.00
= pukul 03.30 sore atau jam 3 lebih 30 menit .
Jarum panjang di angka 6, jarum
pendek di antara angka 3 dan 4.
Lamanya Berlian belajar = 15.30 –
14.00 = 1.30 atau 1 jam 30 menit = 60 + 30 = 90 menit.
PJOK
1.
Salah satu gerakan dalam berolah raga adalah gerakan mendorong dan menarik.
2.
Gerakan mendorong dan menarik dapat
melatih kekuatan otot tangan.
3.
Dorong mendorong tanpa alat minimal dilakukan oleh dua orang. Caranya
-
Berdiri berhadapan, saling pegang
bahu, salah satu kaki berada di depan, badan condong ke depan. Setelah aba –
aba lakukan dorong mendorong, agar teman atau pasanganmu berpindah tempat.
4.
Tarik menarik tanpa alat minimal
dilakukan oleh dua orang. Caranya
-
Berdiri berhadapan sambil memegang
tangan, satu kaki di depan, sikap badan sedikit menengadah, setelah aba-aba lakukan
tarik menarik.
5.
Bermain Lempar Tangkap Bola
a.
Melempar Bola ; Bola
dipegang dengan kedua tangan.Badan berdiri dengan posisimelempar, kaki kanan ke
depan, kaki kiri tetap di belakang.bola diarahkan ke atas kemudian dilemparkan.
b.
Menangkap Bola :
Pandanganmata ke arah bola, tangan di depan dada, telapak tangan terbuka, saat
bola mendekat, tangan diarahkan ke bola dan segera tangkap.
6.
Permainan lempar tangkap bola
melatih konsentrasi.
SBdP
1.
Beberapa gerakan tari, diambil dari
gerak sehari – hari. Seperti
a.
Gerakan tari meniru orang menyapu
b.
Gerakan tari meniru orang merapikan
buku
c.
Gerakan membersihkan sepeda yang
terdiri dari :
1.
Gerakan menggunakan kain lap dan
2.
Gerakan menggunakan slang air
2.
Ada dua macam cara melakukan gerakan
tari yaitu :
a.
Gerak tingkat rendah seperti
merangkak dan timpuh.
b.
Gerakan tingkat tinggi seperti
berdiri, berjinjit, dan melenggang.
3.
Untuk memperindah tarian dibuat Pola Lantai.
4.
Ada bermacam – macam Pola Lantai,
yaitu :
Perhatikan gambar berikut !
(1)
Pola lantai lurus ke depan ke
belakang atau vertical : penari membentuk garis lurus atau vertical dari depan
ke belakang atau sebaliknya.
(2)
Pola lantai lurus ke samping atau horizontal:
penari berbaris membentuk garis lurus ke samping atau horizontal.
(3)
Pola lantai diagonal; penari
berbaris membentuk garis menyudut ke kanan atau ke kiri.
(4)
Pola lantai melingkar : penari
membentuk garis lingkaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar