Senin, 20 April 2020

RANGKUMAN MATERI KELAS 2 TEMA 8 SUB TEMA 2 MENJAGA KESELAMATAN DI RUMAH


MATERI PEMBELAJARAN KELAS 2 SDK SANTA AGATHA

TEMA 8 : KESELAMATAN DI RUMAH DAN PERJALANAN

SUB TEMA 2 : MENJAGA  KESELAMATAN DI RUMAH

Menjaga keselamatan dilakukan di mana saja.

Menjaga keselamatan di rumah sangat penting.

Aturan dibuat untuk menjaga keselamatan karena kita tidak ingin keluarga kita susah

Keselamatan diri dan keluarga perlu dijaga.

Keselamatan barang – barang berharga juga harus dijaga.

Menjaga keselamatan dengan menaati aturan.



BAHASA INDONESIA



1.      Dokumen adalah bukti tertulis.

2.      Dokumen berupa surat penting seperti sertifikat tanah, buku nikah, dan sertifikat rumah.

3.      Dokumen ada dua yaitu dokumen diri yang berisi data diri dan dimiliki oleh seseorang dan dokumen keluarga yaitu dokumen yang dimiliki oleh seluruh anggota keluarga.

4.      Contoh dokumen diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Indentitas Anak (KIA), dan Kartu Pelajar (KP)

5.      Data yang ada di dokumen pribadi berisi data pribadi. Contoh data yang ada di Kartu Pelajar terdiri dari :

-          Nama sekolah

-          Jenis dokumen

-          Nama diri

-          Keterangan

6.      Contoh dokumen keluarga seperti Kartu Keluarga(KK)

7.      Contoh lain dokumen keluarga adalah album foto.

8.      Album foto berisi foto kenangan karenanya harus dirawat agar kita dapat menceritakan kepada orang lain di masa yang akan datang.

9.      Dokumen harus dijaga dan dirawat agar tidak rusak atau hilang yaitu dengan menyimpan pada tempatnya



10.  Penggunaan huruf kapital atau huruf besar.





-          Pada huruf pertama awal kalimat :

Contoh : Saya pergi ke pasar.



-          Pada huruf pertama nama orang :

Contoh : Ayah Dika bernama Ahmad Baharudin



-          Pada huruf pertama kata sapaan :

Contoh : Selamat pagi, Ayah.



-          Pada huruf pertama nama agama :

Contoh : Berlian beragama Katolik.



-          Pada huruf pertama nama tempat :

Contoh : Immelda lahir di Purwakarta.



-          Pada huruf pertama kata Tuhan :

Contoh : Berdoa kepada Tuhan sebelum dan sesudah makan.



-          Pada huruf pertama kata ganti Tuhan :

1.      Yang Maha Pencipta

2.      Yang Maha Esa

3.      Yang Maha Kuasa

4.      Yang Maha Pengasih

5.      Yang Mahaadil

11.  Penggunaan tanda baca titik (.) :

-          Di akhir kalimat berita atau pernyataan :

Contoh. Laskar tinggal di Citeureup.



-          Memisahkan waktu : memisahkan angka jam, menit, dan detik yang menunjukkan waktu atau jangka waktu.

Contoh : Kami masuk sekolah pukul 07.00 setiap hari.



-          Memisahkan bilangan yang menunjukkan jumlah :

Contoh : 1 kilo meter sama dengan 1.000 meter.



-          Menunjukkan nomor atau urutan :

Bunyi sila Pancasila adalah :

1.      Ketuhanan Yang Maha Esa

2.      Dan seterusnya



12.  Kalimat tanya digunakan untuk menanyakan sesuatu.

13.  Kalimat tanya diawali dengan kata tanya.

14.  Kalimat tanya diakhiri dengan tanda tanya (?)

15.  Contoh kata tanya :

-          Apa untuk menanyakan sesuatu, keadaan, atau perbuatan.

Contoh : Apa makanan kesukaanmu, Berlian ?



-          Siapa untuk menanyakan pelaku atau nama.

Contoh : Siapa nama temanmu, Lionel ?



-          Kapan untuk menanyakan waktu ( jam, tanggal, hari, bulan, tahun )

Contoh : Kapan kamu masuk sekolah ?

-          Mengapa untuk menanyakan alasan atau sebab sebuah peristiwa.

Contoh : Mengapa kamu bersedih, Immelda ?



-          Di mana untuk menanyakan tempat atau alamat.

Di mana rumahmu ?



PPKn



1.      Contoh persatuan dalam keberagaman di rumah

a.       Di rumah kita ada perbedaan, seperti perbedaan usia ( adik, kakak ), jenis kelamin ( laki – laki, perempuan), walaupun berbeda kita harus hidup rukun.

b.      Anak – anak harus hormat kepada orang tua juga kepada adik dan kakak.

c.       Di rumah harus saling membantu terutama saat membersihkan rumah.

2.      Contoh persatuan dalam keberagaman di masyarakat yaitu :

Di masyarakat, ada perbedaan agama dan suku bangsa, tetapi saat kerja bakti membersihkan lingkungan semua warga bersatu dan bekerja sama, saling menolong.

3.      Contoh persatuan dalam keberagaman di sekolah yaitu

     Di sekolah, anak – anak memiliki perbedaan agama, kesukaan, jenis kelamin, dan juga ciri fisik, tetapi semua anak selalu menjaga persatuan seperti belajar kelompok bersama, membersihkan kelas bersama, juga bermain bersama.



MATEMATIKA



1.      Satu hari terdiri dari 24 jam

1        jam    = 60 menit

1          menit = 60 detik



2.       Sementara dalam sebuah jam angka yang terlihat hanya 1 sampai 12.

3.      Dalam sehari jam berputar penuh sebanyak 2 kali.

4.      Dalam 24 jam ada waktu pagi, siang, sore, dan malam.

5.      Setelah satu kali putaran atau pukul 12.00 siang, penulisan waktu tidak lagi 01.00, tetapi menjadi pukul 13.00 hingga pukul 24.00 atau jam 12 malam.

6.      Kita dapat menentukan lamanya suatu kegiatan dengan bantuan jam.

Contoh 1 :



Rani membersihkan kamarnya pukul 08.00



Rani selesai membersihkan kamarnya pukul 09.00







Lama waktu Rani membersihkan kamarnya adalah 1 jam atau 60 menit.



09.00 – 08.00 = 1 jam = 1 x 60 menit = 60 menit ( 1 jam = 60 menit )



Contoh 2 :



Ibu pergi ke rumah nenek pukul 17.00

Cara menggambar jamnya adalah :

Pukul 17.00 = pukul 05.00 sore = 17.00 – 12.00 = 05.00







Ibu pulang dari rumah nenek pukul 20.00

Cara menggambar jamnya :

Pukul 20.00 = pukul 08.00 malam = 20.00 – 12.00 = 08.00







Lama waktu Ibu ke rumah nenek = pukul 20.00 – 17.00 = 3 jam

2        jam = 3 x 60 menit (1 jam = 60 menit ) = 180 menit



7.      Jam memiliki jarum panjang dan jarum pendek.

8.      Jarum pendek yang bergerak lambat menunjukkan angka jam.

9.      Jarum panjang yang bergerak lebih cepat menunjukkan angka menit. Jarak antara setiap angka adalah 5 menit. Misalnya

-          Jarum panjang di angka 12, jarum pendek di angka 3, menunjukkan pukul 03.00

-          Jarum panjang di angka 1, jarum pedek di angkar 3, menjunjukkan pukul 03.05, artinya pukul 3 lebih 5 menit, begitu juga jika jarum panjang di angka 10, jarum pendek di angka 3, menunjukkan pukul 03.10 jam 3 lebih 10 menit.

Contoh.



Berlian mulai belajar pukul 14.00

Cara menggambar jamnya  14.00 – 12.00 = pukul 02.00 siang



      Berlian selesai belajar pukul 15.30

Cara menggambar jamnya 15.30 – 12.00 = pukul 03.30 sore atau jam 3 lebih 30 menit .

Jarum panjang di angka 6, jarum pendek di antara angka 3 dan 4.






Lamanya Berlian belajar = 15.30 – 14.00 = 1.30 atau 1 jam 30 menit = 60 + 30 = 90 menit.



PJOK



1.      Salah satu gerakan dalam berolah raga adalah gerakan mendorong dan menarik.

2.      Gerakan mendorong dan menarik dapat melatih kekuatan otot tangan.

3.      Dorong mendorong tanpa alat minimal dilakukan oleh dua orang. Caranya

-          Berdiri berhadapan, saling pegang bahu, salah satu kaki berada di depan, badan condong ke depan. Setelah aba – aba lakukan dorong mendorong, agar teman atau pasanganmu berpindah tempat.

4.      Tarik menarik tanpa alat minimal dilakukan oleh dua orang. Caranya

-          Berdiri berhadapan sambil memegang tangan, satu kaki di depan, sikap badan sedikit menengadah, setelah aba-aba lakukan tarik menarik.

5.      Bermain Lempar Tangkap Bola

a.      Melempar Bola ; Bola dipegang dengan kedua tangan.Badan berdiri dengan posisimelempar, kaki kanan ke depan, kaki kiri tetap di belakang.bola diarahkan ke atas kemudian dilemparkan.

b.      Menangkap Bola : Pandanganmata ke arah bola, tangan di depan dada, telapak tangan terbuka, saat bola mendekat, tangan diarahkan ke bola dan segera tangkap.

6.      Permainan lempar tangkap bola melatih konsentrasi.



SBdP



1.      Beberapa gerakan tari, diambil dari gerak sehari – hari. Seperti

a.       Gerakan tari meniru orang menyapu

b.      Gerakan tari meniru orang merapikan buku

c.       Gerakan membersihkan sepeda yang terdiri dari :

1.      Gerakan menggunakan kain lap dan

2.      Gerakan menggunakan slang air



2.      Ada dua macam cara melakukan gerakan tari yaitu :

a.       Gerak tingkat rendah seperti merangkak dan timpuh.

b.      Gerakan tingkat tinggi seperti berdiri, berjinjit, dan melenggang.

3.      Untuk memperindah tarian dibuat Pola Lantai.

4.      Ada bermacam – macam Pola Lantai, yaitu :

Perhatikan gambar berikut !




See the source image

(1)   Pola lantai lurus ke depan ke belakang atau vertical : penari membentuk garis lurus atau vertical dari depan ke belakang atau sebaliknya.

(2)   Pola lantai lurus ke samping atau horizontal: penari berbaris membentuk garis lurus ke samping atau horizontal.

(3)   Pola lantai diagonal; penari berbaris membentuk garis menyudut ke kanan atau ke kiri.

(4)   Pola lantai melingkar : penari membentuk garis lingkaran.


Tidak ada komentar: