Minggu, 26 April 2020

RANGKUMAN MATERI KELAS 1 TEMA 8 SUB TEMA PENGHUJAN

KELAS 1  SDK SANTA AGATHA

RANGKUMAN TEMA 8 : PERISTIWA ALAM
MATERI PEMBELAJARAN  SUB TEMA 3 : PENGHUJAN

BAHASA INDONESIA
1.       Ciri – ciri Musim Hujan:
-          Hujan sering turun,
-          Udara terasa dingin,
-          Tanah menjadi becek,
-          Tumbuhan tumbuh subur,
-          Air berkelimpahan,
-          Terkadang terjadi banjir, dan
-          Tidak ada debu berterbangan.
2.        Saat musim penghujan, kita memakai baju tebal seperti jaket, agar tetap hangat. Kita juga harus selalu membawa payung dan jas hujan, agar tidak kehujanan.
3.       Saat musim penghujan, sering terjadi banjir, karena sungai yang kotor / tersumbat sampah. Hal ini disebabkan karena orang membuang sampah di sungai.
4.       Untuk mencegah terjadinya banjir saat musim penghujan, kita harus menjaga kebersihan lingkungan, tidak membuang sampah di sembarang tempat misalnya di sungai atau selokan.
5.       Akibat yang disebabkan oleh banjir, selain orang kehilangan tempat tinggal atau nyawa, banjir juga dapat menyebabkan penyakit kulit / gatal-gatal, sakit perut dan diare.
6.       Jika ada tetangga yang terkena musibah, kita harus menolongnya.
7.       Saat hujan deras sering disertai petir dan angin kencang.
8.       Angin kencang dapat merobohkan pohon, sehingga berbahaya kalau berada di luar rumah.
9.       Saat hujan, kita bisa melalukan kegiatan bersama keluarga di rumah, seperti bermain atau bercerita, bercanda, atau mengerjakan tugas sekolah .
10.   Hujan juga bisa turun saat kita berada di sekolah. Yang harus kita lakukan saat hujan di sekolah adalah berlindung di dalam kelas, tetap belajar dan penuh semangat.
11.   Hujan membuat lantai kelas basah terkena air. Karenanya kita harus bekerjasama dan saling membantu untuk mengeringkan lantai kelas agar tidak ada yang terpeleset.
12.   Setelah hujan biasanya akan muncul pelangi. Pelangi terjadi karena adanya pembiasan cahaya matahari yang terkena tetesan hujan. Pelangi akan muncul di langit dengan warna – warna yang indah. Warna – warna pelangi adalah merah, jingga, kuning, hijau, biru,nila, dan ungu. Yang bisa disingkat “mejiku hibiniu”
13.   Pada musim penghujan, makanan dan minuman kita harus hangat dan bergizi seperti  bubur kacang hijau dan teh hangat.
14.   Cara menjaga kesehatan saat musim penghujan dengan tidur yang cukup, makan makanan bergizi, dan berolahraga secara teratur.
15.   Pujian adalah ungkapan perasaan kagum terhadap seseorang, alam , benda, tumbuhan, atau binatang.
16.   Contoh pujian kepada :
-          alam
Alangkah indahnya pemandangan setelah hujan.
-          Benda
Bagus sekali gambarmu kakak.
-          Tumbuhan
Indahnya bunga – bunga setelah tersiram hujan.
-          Binatang
Pintarnya anjingku.
17.   Pujian juga bisa dibuat dalam bentuk puisi, sehingga kita dapat menemukan kalimat pujian pada sebuah puisi.
18.   Pujian diungkapkan dengan tulus dan jujur.
19.   Kalimat pujian bisa dibuat berdasarkan :
1.       Gambar. Contoh :
 
KKa
Kalimat pujian berdasarkan gambar di atas : Bagus sekali kostum menarinya.

2.       Cerita. Contoh :
Gifty menang lomba baca puisi.
        Kalimat pujian untuk Gifty : Wah hebat, Gifty bisa  menang lomba baca puisi.
20.   Jika mendapat pujian, kita harus memberi tanggapan dengan mengucapkan terima kasih.
Contoh :
Kalimat pujian : Wah hebat, Gifty bisa menang lomba baca puisi.
Kalimat tanggapan : Terima kasih teman – teman atas pujiannya. Kalian juga bisa menang, kalau berlatih dengan sungguh – sungguh.


PPKn

1.       Peraturan disebut juga tata tertib.
2.       Peraturan dibuat agar hidup kita nyaman dan teratur, karena peraturan harus kita taati / patuhi. Jika melanggar peraturan kita mendapat hukuman.
3.       Selain mendapat hukuman, jika kita melanggar aturanakan merugikan diri kita sendiri.
Contohnya saat kita tidak mencuci tangan sebelum makan, akibatnya akan sakit perut.
4.       Peraturan mengajar kita sikap disiplin, karenanya kita harus menaati peraturan di semua tempat.
5.       Contoh peraturan di rumah :
a.       Berpamitan sebelum keluar rumah,
b.      Meletakkan barang sesuai tempatnya,
c.       Merapihkan tempat tidur, dan
d.      Merapihkan meja belajar.
Contoh peraturan di sekolah  :
a.       Datang ke sekolah tepat waktu,
b.      Memakai seragam, dan
c.       Belajar dan bermain dengan rukun.
Contoh peraturan di masyarakat :
a.       Menjaga kebersihan lingkungan,
b.      Antre dengan rapid an tertib,
c.       Membuang sampah pada tempatnya, dan
d.      Menjaga keamanan lingkungan.
6.       Aturan dalam masyarakat mengharuskan kita untuk saling menolong. Misalnya ketika hujan, kita dapat meminjamkan payung atau jas hujan kepada teman yang tidak membawa. Atau kita bisa ikut menolong teman atau tetangga yang terkena musibah, misalnya terkena banjir.
7.       Di rumah saat makan ada aturannya yaitu :
a.       Mencuci tangan sebelum makan.
b.      Berdoa sebelum makan.
c.       Mengambil makanan secukupnya.
d.      Saat makan, makanan harus dikunyah dulu minimal 20 kali.
e.      Makan secara perlahan  dan tidak terburu – buru,
f.        Makan tidak boleh bersisa.
g.       Jika makanan masih panas, tunggu agak dingin baru dimakan,
h.      Makan dalam posisi duduk.
8.       Perilaku yang tidak boleh dilakukan saat makan :
a.       Rebutan makanan.
b.      Kaki ditaruh di atas meja.
c.       Semua makanan diletakkan di piring,sehingga piring penuh dengan makanan, dan
d.      Makan dengan terburu – buru.

MATEMATIKA

1.       Kita dapat mengukur lama waktu  kegiatan yang dilakukan, dengan hitungan, tepukan tangan, dan menit
2.       Ukuran waktu ada dua  yaitu sebentar dan lama.
3.       Sebentar artinya membutuhkan waktu sedikit.
4.       Lama artinya membutuhkan waktu banyak

Contoh : Tidur membutuhkan waktu lebih lama daripada gosok gigi.
                Mencuci tangan membutuhkan waktu lebih sedikit dari pada makan.
5.       Kita juga bisa membandingkan kecepatan setiap orang dalam melakukan kegiatan yang sama.

Contoh : Bagas melipat jas hujan selama 6 menit.
                 Afika melipat jas hujan selama 4 menit.
           Gifty melipat jas hujan selama 5 menit.
           Imelda melipat jas hujan selama 2 menit.
           Moses melipat jas hujan selama  4 menit.
           Bagus melipat jas hujan selama  3 menit.
Kesimpulannya :
1.       Anak yang paling cepat melipat jas hujan adalah Imelda.
2.       Anak yang paling lama melipat jas hujan adalah Bagas.
3.       Urutan anak yang melipat jas hujan mulai dari yang tercepat :
Imelda – Bagus – Afika dan Moses – Gifty – Bagas

Contoh 2. Bu guru meminta murid – murid mengumpulkan daun kering untuk prakarya dalam waktu 5 menit. Hasilnya sebagai berikut :
Rani mengumpulkan 15 daun kering, Fani mengumpulkan 17 daun kering, Fandi mengumpulkan 14 daun kering, dan Doni mengumpulkan 16 daun kering.
Kesimpulan :
1.       Fani lebih cepat mengumpulkan daun kering daripada Doni
2.       Fandi lebih lama mengumpulkan daun kering daripada Rani.
6.       Kita juga dapat menentukkan lamanya suatu kegiatan berdasarkan petunjuk jam.
Contoh :  Sinta mulai belajar pukul 3 sore dan selesai belajar pukul 5 sore. Lamanya Sinta belajar 2 jam.
Kita bisa menghitungnya berdasarkan petunjuk jam.

 mulai belajar : pukul 3 sore


                       selesai belajar : pukul 5 sore


Jarum pendek bergerak dari angka 3 ke angka 5 sebanyak 2 angka. Sehingga lama waktu Sinta belajar adalah 2 jam.
                                         PJOK
1.       Saat bermain di kolam harus hati – hati, tidak boleh saling mendorong karena berbahaya, seperti terpeselet atau jatuh ke dalam kolam.
2.       Kegiatan di dalam kolam renang bisa dilakukan bersama – sama, seperti :
1.        Berdiri di dalam air. Caranya adalah :
a.       Berpegangan tangan dengan teman,
b.      Angkat satu kaki kanan dan kiri secara bergantian sambil tetap berpegangan.
2, Latihan memukul kaki ke air, caranya adalah :
a.       Berdiri menempel ke dinding kolam.
b.      Kaki kanan diangkat ke depan, kemudian dipukulkan ke air.
c.       Kaki kiri diangkat ke depan, kemudian dipukulkan ke air.
d.      Lakukan secara bergantian.
3.       Permainan di kolam renang
a.       Lomba merangkak. Caranya :
1.       Permainan dilakukan oleh empat orang
2.       Peserta berbaris dengan posisi merangkak
3.       Setelah peluit ditiup, peserta berlomba merangkak sampai ke tepi kolam.
4.       Yang lebih dahulu sampai ke tepi menjadi pemenang.
b.      Melempar Bola dalam Air
1.       Permainan dilakukan secara berkelompok
2.       Masing – masing kelompok diberikan 20 bola plastic kecil.
3.       Setiap anggota kelompok, harus melempar bola melewati garis.
4.       Yang paling banyak melewati garis jadi pemenangnya.

SBdP

-          Karya tiga dimensi  adalah karya seni yang mempunyai sisi panjang, lebar dan tinggi  atau berbentuk bangun ruang yang dapat dipegang dan diangkat.
Contohnya patung, tempat pensil, vas bunga, topeng, gantungan kunci, dan egrang dari tempurung kelapa.
Contoh lain karya tiga dimensi adalah Kperahu dan kincir dari  kertas origami, baling – baling plastik, atau rakitan mainan dari sedotan.


==============================SELAMATBELAJAR======================================

Senin, 20 April 2020

RANGKUMAN MATERI KELAS 2 TEMA 8 SUB TEMA 2 MENJAGA KESELAMATAN DI RUMAH


MATERI PEMBELAJARAN KELAS 2 SDK SANTA AGATHA

TEMA 8 : KESELAMATAN DI RUMAH DAN PERJALANAN

SUB TEMA 2 : MENJAGA  KESELAMATAN DI RUMAH

Menjaga keselamatan dilakukan di mana saja.

Menjaga keselamatan di rumah sangat penting.

Aturan dibuat untuk menjaga keselamatan karena kita tidak ingin keluarga kita susah

Keselamatan diri dan keluarga perlu dijaga.

Keselamatan barang – barang berharga juga harus dijaga.

Menjaga keselamatan dengan menaati aturan.



BAHASA INDONESIA



1.      Dokumen adalah bukti tertulis.

2.      Dokumen berupa surat penting seperti sertifikat tanah, buku nikah, dan sertifikat rumah.

3.      Dokumen ada dua yaitu dokumen diri yang berisi data diri dan dimiliki oleh seseorang dan dokumen keluarga yaitu dokumen yang dimiliki oleh seluruh anggota keluarga.

4.      Contoh dokumen diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Indentitas Anak (KIA), dan Kartu Pelajar (KP)

5.      Data yang ada di dokumen pribadi berisi data pribadi. Contoh data yang ada di Kartu Pelajar terdiri dari :

-          Nama sekolah

-          Jenis dokumen

-          Nama diri

-          Keterangan

6.      Contoh dokumen keluarga seperti Kartu Keluarga(KK)

7.      Contoh lain dokumen keluarga adalah album foto.

8.      Album foto berisi foto kenangan karenanya harus dirawat agar kita dapat menceritakan kepada orang lain di masa yang akan datang.

9.      Dokumen harus dijaga dan dirawat agar tidak rusak atau hilang yaitu dengan menyimpan pada tempatnya



10.  Penggunaan huruf kapital atau huruf besar.





-          Pada huruf pertama awal kalimat :

Contoh : Saya pergi ke pasar.



-          Pada huruf pertama nama orang :

Contoh : Ayah Dika bernama Ahmad Baharudin



-          Pada huruf pertama kata sapaan :

Contoh : Selamat pagi, Ayah.



-          Pada huruf pertama nama agama :

Contoh : Berlian beragama Katolik.



-          Pada huruf pertama nama tempat :

Contoh : Immelda lahir di Purwakarta.



-          Pada huruf pertama kata Tuhan :

Contoh : Berdoa kepada Tuhan sebelum dan sesudah makan.



-          Pada huruf pertama kata ganti Tuhan :

1.      Yang Maha Pencipta

2.      Yang Maha Esa

3.      Yang Maha Kuasa

4.      Yang Maha Pengasih

5.      Yang Mahaadil

11.  Penggunaan tanda baca titik (.) :

-          Di akhir kalimat berita atau pernyataan :

Contoh. Laskar tinggal di Citeureup.



-          Memisahkan waktu : memisahkan angka jam, menit, dan detik yang menunjukkan waktu atau jangka waktu.

Contoh : Kami masuk sekolah pukul 07.00 setiap hari.



-          Memisahkan bilangan yang menunjukkan jumlah :

Contoh : 1 kilo meter sama dengan 1.000 meter.



-          Menunjukkan nomor atau urutan :

Bunyi sila Pancasila adalah :

1.      Ketuhanan Yang Maha Esa

2.      Dan seterusnya



12.  Kalimat tanya digunakan untuk menanyakan sesuatu.

13.  Kalimat tanya diawali dengan kata tanya.

14.  Kalimat tanya diakhiri dengan tanda tanya (?)

15.  Contoh kata tanya :

-          Apa untuk menanyakan sesuatu, keadaan, atau perbuatan.

Contoh : Apa makanan kesukaanmu, Berlian ?



-          Siapa untuk menanyakan pelaku atau nama.

Contoh : Siapa nama temanmu, Lionel ?



-          Kapan untuk menanyakan waktu ( jam, tanggal, hari, bulan, tahun )

Contoh : Kapan kamu masuk sekolah ?

-          Mengapa untuk menanyakan alasan atau sebab sebuah peristiwa.

Contoh : Mengapa kamu bersedih, Immelda ?



-          Di mana untuk menanyakan tempat atau alamat.

Di mana rumahmu ?



PPKn



1.      Contoh persatuan dalam keberagaman di rumah

a.       Di rumah kita ada perbedaan, seperti perbedaan usia ( adik, kakak ), jenis kelamin ( laki – laki, perempuan), walaupun berbeda kita harus hidup rukun.

b.      Anak – anak harus hormat kepada orang tua juga kepada adik dan kakak.

c.       Di rumah harus saling membantu terutama saat membersihkan rumah.

2.      Contoh persatuan dalam keberagaman di masyarakat yaitu :

Di masyarakat, ada perbedaan agama dan suku bangsa, tetapi saat kerja bakti membersihkan lingkungan semua warga bersatu dan bekerja sama, saling menolong.

3.      Contoh persatuan dalam keberagaman di sekolah yaitu

     Di sekolah, anak – anak memiliki perbedaan agama, kesukaan, jenis kelamin, dan juga ciri fisik, tetapi semua anak selalu menjaga persatuan seperti belajar kelompok bersama, membersihkan kelas bersama, juga bermain bersama.



MATEMATIKA



1.      Satu hari terdiri dari 24 jam

1        jam    = 60 menit

1          menit = 60 detik



2.       Sementara dalam sebuah jam angka yang terlihat hanya 1 sampai 12.

3.      Dalam sehari jam berputar penuh sebanyak 2 kali.

4.      Dalam 24 jam ada waktu pagi, siang, sore, dan malam.

5.      Setelah satu kali putaran atau pukul 12.00 siang, penulisan waktu tidak lagi 01.00, tetapi menjadi pukul 13.00 hingga pukul 24.00 atau jam 12 malam.

6.      Kita dapat menentukan lamanya suatu kegiatan dengan bantuan jam.

Contoh 1 :



Rani membersihkan kamarnya pukul 08.00



Rani selesai membersihkan kamarnya pukul 09.00







Lama waktu Rani membersihkan kamarnya adalah 1 jam atau 60 menit.



09.00 – 08.00 = 1 jam = 1 x 60 menit = 60 menit ( 1 jam = 60 menit )



Contoh 2 :



Ibu pergi ke rumah nenek pukul 17.00

Cara menggambar jamnya adalah :

Pukul 17.00 = pukul 05.00 sore = 17.00 – 12.00 = 05.00







Ibu pulang dari rumah nenek pukul 20.00

Cara menggambar jamnya :

Pukul 20.00 = pukul 08.00 malam = 20.00 – 12.00 = 08.00







Lama waktu Ibu ke rumah nenek = pukul 20.00 – 17.00 = 3 jam

2        jam = 3 x 60 menit (1 jam = 60 menit ) = 180 menit



7.      Jam memiliki jarum panjang dan jarum pendek.

8.      Jarum pendek yang bergerak lambat menunjukkan angka jam.

9.      Jarum panjang yang bergerak lebih cepat menunjukkan angka menit. Jarak antara setiap angka adalah 5 menit. Misalnya

-          Jarum panjang di angka 12, jarum pendek di angka 3, menunjukkan pukul 03.00

-          Jarum panjang di angka 1, jarum pedek di angkar 3, menjunjukkan pukul 03.05, artinya pukul 3 lebih 5 menit, begitu juga jika jarum panjang di angka 10, jarum pendek di angka 3, menunjukkan pukul 03.10 jam 3 lebih 10 menit.

Contoh.



Berlian mulai belajar pukul 14.00

Cara menggambar jamnya  14.00 – 12.00 = pukul 02.00 siang



      Berlian selesai belajar pukul 15.30

Cara menggambar jamnya 15.30 – 12.00 = pukul 03.30 sore atau jam 3 lebih 30 menit .

Jarum panjang di angka 6, jarum pendek di antara angka 3 dan 4.






Lamanya Berlian belajar = 15.30 – 14.00 = 1.30 atau 1 jam 30 menit = 60 + 30 = 90 menit.



PJOK



1.      Salah satu gerakan dalam berolah raga adalah gerakan mendorong dan menarik.

2.      Gerakan mendorong dan menarik dapat melatih kekuatan otot tangan.

3.      Dorong mendorong tanpa alat minimal dilakukan oleh dua orang. Caranya

-          Berdiri berhadapan, saling pegang bahu, salah satu kaki berada di depan, badan condong ke depan. Setelah aba – aba lakukan dorong mendorong, agar teman atau pasanganmu berpindah tempat.

4.      Tarik menarik tanpa alat minimal dilakukan oleh dua orang. Caranya

-          Berdiri berhadapan sambil memegang tangan, satu kaki di depan, sikap badan sedikit menengadah, setelah aba-aba lakukan tarik menarik.

5.      Bermain Lempar Tangkap Bola

a.      Melempar Bola ; Bola dipegang dengan kedua tangan.Badan berdiri dengan posisimelempar, kaki kanan ke depan, kaki kiri tetap di belakang.bola diarahkan ke atas kemudian dilemparkan.

b.      Menangkap Bola : Pandanganmata ke arah bola, tangan di depan dada, telapak tangan terbuka, saat bola mendekat, tangan diarahkan ke bola dan segera tangkap.

6.      Permainan lempar tangkap bola melatih konsentrasi.



SBdP



1.      Beberapa gerakan tari, diambil dari gerak sehari – hari. Seperti

a.       Gerakan tari meniru orang menyapu

b.      Gerakan tari meniru orang merapikan buku

c.       Gerakan membersihkan sepeda yang terdiri dari :

1.      Gerakan menggunakan kain lap dan

2.      Gerakan menggunakan slang air



2.      Ada dua macam cara melakukan gerakan tari yaitu :

a.       Gerak tingkat rendah seperti merangkak dan timpuh.

b.      Gerakan tingkat tinggi seperti berdiri, berjinjit, dan melenggang.

3.      Untuk memperindah tarian dibuat Pola Lantai.

4.      Ada bermacam – macam Pola Lantai, yaitu :

Perhatikan gambar berikut !




See the source image

(1)   Pola lantai lurus ke depan ke belakang atau vertical : penari membentuk garis lurus atau vertical dari depan ke belakang atau sebaliknya.

(2)   Pola lantai lurus ke samping atau horizontal: penari berbaris membentuk garis lurus ke samping atau horizontal.

(3)   Pola lantai diagonal; penari berbaris membentuk garis menyudut ke kanan atau ke kiri.

(4)   Pola lantai melingkar : penari membentuk garis lingkaran.