Kamis, 02 April 2020

MATERI PEMBELAJARAN SUB TEMA 4: BENTUK, WARNA, UKURAN, DAN PERMUKAAN BENDA



KELAS 1  SDK SANTA AGATHA

RANGKUMAN TEMA 7 : BENDA, HEWAN, DAN TANAMAN DI SEKITARKU
MATERI PEMBELAJARAN  SUB TEMA 4: BENTUK, WARNA, UKURAN, DAN PERMUKAAN BENDA

BAHASA INDONESIA
1.        Ciri – ciri benda adalah tanda yang membedakan benda yang satu dengan benda yang lain.       
2.       Ciri – ciri benda dapat di lihat dari :
1.        Bentuknya seperti :
a.       Segitiga contohnya penggaris segitiga, potongan pizza, bentuk atap rumah, rambu lalu lintas, dan layar perahu.
b.      Segi empat contohnya jendela, pintu, meja, buku, kotak pensil, dan lain – lain.
c.       Bulat contohnya bola, kelereng, jeruk, dan  semangka.
d.      Lingkaran contoh roda, donat, jam dinding,cincin, gelang,  dan karet gelang.
e.      Tabung contohnya gelas, drum, kaleng, dan ember.
2.        Ukurannya ada yang besar dan ada yang kecil, ada yang tinggi dan rendah, ada yang panjang dan pendek, ada yang berat dan ringan.
3.       Warnanya  ada yang berwarna merah seperti apel , kuning seperti pisang, hijau seperti daun, jingga seperti wortel, dan lain – lain.
4.        Permukaannya ada yang kasar seperi kulit durian, pasir, batu  dan halus seperti kertas,  kain. Ada juga permukaan benda yang licin seperti kaca dan keramik

Contoh : Ciri – ciri buah apel :

Bentuknya bulat, ukurannya lebih besar dari anggur, warnanya merah dan bentuk permukaannya lebih halus dari pada jeruk.

3.       Kita dapat membuat kalimat untuk  membandingkan dua buah benda berdasarkan  bentuk, ukuran, warna, dan permukaan benda.

Contoh

1.       Berdasarkan bentuk :
Bola dan gelas
                  Bola  berbentuk bulat, gelas berbentuk tabung.
2.       Berdasarkan ukuran :

Bola basket  dan Bola kasti.

Bola basket lebih besar dari pada bola kasti.

3.       Berdasarkan warna :

Pisang dan Wortel.

Pisang berwarna kuning, wortel berwarna jingga.
4.       Berdasarkan permukaan benda :

Boneka dan handuk.

Boneka lebih halus dari pada handuk.
4.Dari ciri – cirinya kita dapat menentukan perbedaan dan persamaan benda.
 Contoh Bola basket dan jeruk.
 Persamaannya :
Bola basket dan jeruk sama – sama berbentuk bulat. Jadi yang sama antara bola basket dan jeruk adalah dari bentuknya.
Perbedaannya :
-          Bola basket lebih besar dari pada  jeruk
-          Bola basket adalah kelompok  benda tak hidup atau benda mati. Jeruk adalah kelompok benda hidup, karena jeruk termasuk tanaman buah – buahan.
Jadi perbedaan Bola basket dan jeruk adalah dari ukuran dan kelompok benda.

5.       Benda tak hidup / mati terbuat dari bahan yang berbeda. Misalnya :
a.       Plastik
Contohnya
Jas hujan : terbuat dari plastik karena tidak tembus air, tahan lama, dan berguna untuk melindungi kita saat hujan.
Ember : terbuat dari plastik karena kuat, tahan lama, dan berguna untuk tempat menyimpan air.
b.      Kain
Contohnya
Pakaian ; terbuat dari kain, karena lembut, kuat, dan berguna untuk melindungi tubuh dari udara panas dan dingin.
c.       Kaca
Contohnya
Jendela : terbuat dari kaca, karena dapat terlihat / tembus pandang, berguna sebagai tempat masuknya cahaya matahari dan udara ke dalam rumah.
Akuarium ; berguna sebagai tempat memelihara ikan hias.
d.      Logam
Contohnya
Pisau ; terbuat dari logam, karena kuat, berguna untuk memotong sayuran dan lain-lain.
e.      Kayu
Contohnya
Meja  berguna untuk tempat menulis, makan, dan belajar. Kursi berguna untuk tempat duduk.
f.        Karet
Contohnya
Bola basket terbuat dari karet supaya dapat memantul dan berguna sebagai alat olah raga.
6.       Kata ini adalah kata petunjuk untuk menunjukkan benda yang dekat dengan kita. Misalnya Gifty ingin menunjukkan kotak pensilnya kepada Afika, maka  kalimat yang diucapkan Gifty adalah :  
Afika ini kotak pensilku.
7.       Kata itu adalah kata petunjuk untuk menunjukkan benda yang jauh dari kita. Misalnya Bagas ingin menunjukkan gambar di depan kelas kepada Moses, maka kalimat yang diucapkan Bagas adalah :
Moses itu gambar perahu.

PPKn

1.       Benda – benda yang ada di sekitar membantu kegiatan kita karenanya kita harus merawat benda – benda tersebut agar tidak cepat rusak.
2.       Benda – benda tersebut, harus digunakan sesuai kegunaannya. Misalnya :
Meja digunakan untuk tempat belajar dan makan.
Kursi digunakan untuk duduk.
Pisau digunakan untuk memotong.
Panci digunakan untuk memasak.
Sendok digunakan untuk makan.
3.       Jika kita menggunakan benda tidak sesuai dengan kegunaannya maka kita akan rugi dan bendanya akan cepat rusak. Misalnya kita menggunakan sendok untuk memotong, maka kita akan mengalami kerugian waktu karena memotongnya menjadi lama dan sendok menjadi rusak.
4.       Kita bertugas untuk menjaga dan merawat benda – benda milik kita.
5.       Salah satu tugas kita adalah menjaga dan merawat kamar tidur dengan cara :
a.       Lipat dan simpan baju bersih ke dalam lemari pakaian!
b.      Rapikan mainan ke dalam kotak mainan!
c.       Susun buku – buku pad arak buku !
d.      Lipat selimut setelah digunakan!
e.      Rapikan tempat tidur setelah digunakan!
f.        Letakkan bantal pada tempatnya!
6.       Kamar yang rapi dan bersih membuat kita nyaman untukberistirahat.
7.       Menjaga kebersihan dan kerapihan termasuk tata tertib / aturan.
8.       Di setiap tempat ada aturan.
9.       Aturan setiap tempat berbeda – beda.
10.   Menggunakan benda juga ada aturannya yaitu harus sesuai dengan fungsi atau kegunaannya agar tidak cepat rusak.
11.   Menaati tata tertib / aturan adalah kewajiban semua orang.
12.   Ada kalanya benda yang kita butuhkan tidak kita miliki. Sehingga kita dapat meminjamnya dari teman.
13.   Ada aturan untuk meminjam benda / barang teman yaitu :
a.       Harus meminta izin sebelum meminjam barang teman, agar teman kita tidak mencarinya.
b.      Tidak boleh memaksa teman.
c.       Berbicara dengan bahasa yang sopan.
d.      Setelah digunakan, barang yang kita pinjam harus dikembalikan lagi sambil mengucapkan terima kasih.

MATEMATIKA

1.       Penjumlahan sama dengan menambahkan dua kelompok benda sehingga jika dijumlahkan akan menjadi semakin banyak.
2.       Pengurangan berarti mengurangkan dua kelompok benda sehingga benda yang dikurangkan menjadi sedikit. Mengurangi artinya mengambil sebagian, sehingga kumpulan benda yang dikurangi menjadi semakin sedikit.
3.       Pengurangan dapat dilakukan dengan cara bersusun

Contoh

Puluhan     Satuan
6                          9                                          6 9
1                                     5                                          1 5
------------------------------ -    atau                      ------- -
           5                      4                                         5  4
Seperti halnya pada penjumlahan, pengurangan juga dimulai dari satuan  terlebih dahulu, selanjutnya baru puluhannya.
PJOK

1.       Berolahraga itu sangat penting karena membuat tubuh sehat dan kuat.
2.       Kegiatan berolahraga juga dapat melatih kesabaran dan konsentrasi. Contohnya dengan memasukkan bola ke dalam lubang ban bekas yang diikat pada sebuah tiang.
3.       Selain melatih kesabaran dan konsentrasi, kegiatan olahraga juga dapat berguna untuk melenturkan otot dan sendi tubuh dengan cara meliukkan tubuh.
4.       Meliukkan tubuh, bisa dilakukan dengan menggunakan alat yaitu simpai / hula hoob / gelang - gelang, bisa juga tanpa alat.
5.       Cara meliukkan tubuh dengan simpai / hula hoob / gelang – gelang adalah :
a.       Berdiri memanjang, jaga jarak agar tidak bertabrakan
b.      Pegang simpai dengan kedua tangan sambil jalan di tempat.
c.       Angkat simpai ke atas, miringkan tubuh ke kanan dan ke kiri sambil jalan di tempat.
d.      Turunkan simpai ke dada, putar tubuh ke kanan dan ke kiri.
e.      Ayunkan simpai ke kanan sambil berjalan dua langkah ke kanan, ayunkan simpai ke kiri sambil berjalan dua langkah ke kiri.
f.        Langkahkan kaki kanan ke kanan, tangan kanan memegang simpai ke atas. Langkahkan kaki ke kiri, tangan kiri memegang simpai ke atas.
g.       Bungkukkan badansampai ke depan, turunkan simpai. Perlahan – lahan angkat simpai ke atas sambil Tarik napas. Lakukan berulang – ulang.
6.       Cara meliukkan tubuh tanpa alat adalah ;
a.       Berdiri tegak, kedua tangan di samping badan.
b.      Buka kaki selebar bahu, kedua tangan diangkat lurus ke atas, pandangan lurus ke depan.
c.       Liukkan tubuh ke kiri dan  ke kanan sambil kedua tangan berayun ke kanan dan ke kiri.
d.      Ulangi beberapa kali.
7.       Meliukkan tubuh akan terasa lebih semangat jika diiringi musik.

SBdP
                          Kita dapat membuat sebuah karya dari bahan alam yaitu bahan yang berasal dari alam. Contohnya
a.       Tanah liat dapat dibentuk menjadi binatang, tempat pensil, vas bunga.
b.      Bulu ayam dapat dibuat menjadi kemoceng, gantung kunci, dan hiasan.
c.       Kulit kerang dapat dibuat menjadi pigura foto, hiasan dinding.
d.      Pasir dapat dibuat menjadi mozaik atau lukisan.
e.      Biji – bijian dapat dibuat menjadi kolase.




  


==============================SELAMATBELAJAR======================================




SELAMAT KEPADA YAYASAN PENDIDIKAN KARYA INSAN SEJATI MANDIRI YANG TELAH MEMULAI KARIRNYA DIBIDANG PENDIDIKAN SEJAK 2016 HINGGA SAAT INI. Pian

Tidak ada komentar: