MATERI PEMBELAJARAN KELAS 2 SDK SANTA AGATHA
TEMA 8 : KESELAMATAN DI RUMAH DAN PERJALANAN
SUB TEMA 1 : ATURAN KESELAMATAN DI RUMAH
BAHASA
INDONESIA
1.
Kita
melakukan kegiatan di mana saja.
2.
Beberapa
kegiatan yang kita lakukan dapat membahayakan
seperti membantu ibu memasak, mencuci piring, atau menyapu untuk itu
kita harus berhati – hati melakukannya dengan mematuhi aturan keselamatan.
3.
Aturan
Penggunaan Alat Elektronik seperti strika listrik, televisi, radio, oven
listrik, handphone, komputer, laptop,dan radio :
-
Ikuti buku petunjuk penggunaan alat
elektronik.
-
Minta bantuan orang dewasa saat
mencolok kabel pada sumber listrik ( stop kontak )
-
Hati – hati saat menyalahkan dan
mematikan alat elektronik.
-
Jangan sentuh alat elektronik jika
tangan basah.
-
Gunakan alas kaki ketika menggunakan
alat elektronik.
-
Jangan sentuh kabel listrik yang
terkelupas.
4.
Aturan di
Kamar Mandi :
-
Menghemat penggunaan air.
-
Tidak berlama – lama di kamar mandi.
-
Bergantian membersihkan lantai kamar
mandi agar tidak licin.
-
Menguras bak mandi secara teratur.
-
Menyiram kakus atau toilet setelah
buang air.
5.
Aturan
Menonton Televisi dan komputer :
-
Aturlah jarak yang aman, agar mata
kita tidak rusak terkena cahaya televisi atau komputer.
-
Tidak boleh terlalu lama karena
dapat membuat mata lelah.
-
Istirahatkan mata dengan melihat
tumbuhan hijau.
6.
Bermain
bola di halaman rumah dapat membahayakan karena dapat memecahkan kaca jendela.
Pecahan kaca jendela dapat melukai orang lain, jika tidak dibersihkan dengan
hati – hati.
7.
Saat
bermain bersama teman juga harus hati – hati dan memakai alas kaki, agar tidak
terkena benda tajam seperti kerikil, duri, atau pecahan kaca.
8.
Aturan
keselamatan di rumah :
-
Berhati – hati menggunakan benda
tajam seperti gunting dan pisau.
-
Berhati – hati menggunakan benda
yang mudah pecah.
-
Menghindari bermain mati.
-
Menghindari bersentuhan dengan benda
beracun seperti obat anti serangga atau cairan pembersih.
-
Tidak bermain fisik atau anggota
badan.
9.
Minta
bantuan orang dewasa untuk :
-
Menyalakan api atau kompor.
-
Memotong benda, atau
-
Membawa benda yang mudah pecah.
10. Penggunaan huruf kapital atau huruf besar.
-
Pada huruf pertama awal kalimat :
Contoh : Saya pergi ke pasar.
-
Pada huruf pertama nama orang :
Contoh : Kami belajar bersama di
rumah Miming.
-
Pada huruf pertama kata sapaan :
Contoh : Selamat pagi, Ayah.
-
Pada huruf pertama nama agama :
Contoh : Berlian beragama Katolik.
-
Pada huruf pertama nama tempat :
Contoh : Immelda lahir di Purwakarta.
-
Pada huruf pertama kata Tuhan :
Contoh : Berdoa kepada Tuhan sebelum dan sesudah makan.
-
Pada huruf pertama kata ganti Tuhan
:
1.
Yang Maha Pencipta
2.
Yang Maha Esa
3.
Yang Maha Kuasa
4.
Yang Maha Pengasih
5.
Yang Mahaadil
11.
Penggunaan tanda baca titik (.) :
-
Di akhir kalimat berita atau
pernyataan :
Contoh. Laskar tinggal di Citeureup.
-
Memisahkan waktu : memisahkan angka
jam, menit, dan detik yang menunjukkan waktu atau jangka waktu.
Contoh : Kami masuk sekolah pukul
07.00 setiap hari.
-
Memisahkan bilangan yang menunjukkan
jumlah :
Contoh : 1 kilo meter sama dengan
1.000 meter.
-
Menunjukkan nomor atau urutan :
Bunyi sila Pancasila adalah :
1.
Ketuhanan Yang Maha Esa
2.
Dan seterusnya
12.
Kalimat tanya digunakan untuk
menanyakan sesuatu.
13.
Kalimat tanya diawali dengan kata
tanya.
14.
Kalimat tanya diakhiri dengan tanda
tanya (?)
15.
Contoh kata tanya :
-
Apa untuk
menanyakan sesuatu, keadaan, atau perbuatan.
Contoh : Apa makanan kesukaanmu, Berlian ?
-
Siapa untuk
menanyakan pelaku atau nama.
Contoh : Siapa nama temanmu, Lionel ?
-
Kapan untuk
menanyakan waktu ( jam, tanggal, hari, bulan, tahun )
Contoh : Kapan kamu masuk sekolah ?
-
Mengapa untuk
menanyakan alasan atau sebab sebuah peristiwa.
Contoh : Mengapa kamu bersedih, Immelda ?
-
Di mana untuk
menanyakan tempat atau alamat.
Di mana rumahmu ?
PPKn
1.
Contoh sikap yang boleh dilakukan di
kelas belajar bersama dan diskusi kelompok.
2.
Sikap – sikap yang baik saat bermain
bersama teman :
-
Saat bermain bersama teman harus
rukun.
-
Saling menghargai
-
Mengembangkan sikap sportif
artinya tidak berbuat curang. Jadi kalau
kalah tidak boleh marah dan kalau menang, tidak boleh sombong.
3.
Bermain akan terasa menyenangkan
jika kita bersikap sportif dan menjunjung persatuan.
4.
Teman - teman kita di sekolah berasal dari suku.
Ada Jawa, Batak, Sunda, Cina, juga agama yang berbeda seperti Katolik,
Protestan, hindu, Budha, Islam dan Konghucu.
5.
Walaupun berbeda – beda kita semua
harus rukun. Tidak bertengkar dan saling membantu.
6.
Hidup rukun mencerminkan persatuan
dalam keberagaman.
7.
Menjaga persatuan membuat hidup aman
dan tenteram.
8.
Saling mengejek, dapat menyebabkan
permusuhan.
9.
Bila berbeda pendapat, kita
selesaikan dengan musyawarah.
10.
Berdoa diajarkan oleh setiap agama.
11.
Berdoa adalah satu contoh kegiatan
ibadah.
12.
Kegiatan ibadah merupakan kewajiban
bagi setiap pemeluk agama.
13.
Cara dan waktu ibadah setiap agama
berbeda – beda karena sesuai dengan ajarannya masing – masing.
14.
Pemeluk agama tidak boleh memaksakan
kegiatan ibadahnya kepada pemeluk agama lain.
15.
Antar pemeluk agama harus saling
menghormati dan menghargai agar tercipta kerukunan.
16.
Keberagaman merupakan anugerah Tuhan
yang patut kita syukuri.
17.
Mensyukuri keberagaman dapat
dilakukan dengan banyak cara seperti menghormati
kepentingan orang lain, menghargai segala bentuk perbedaan.
18.
Toleransi antar umat manusia.
MATEMATIKA
1.
Untuk menunjukkan waktu, kita
membutuhkan jam.
2.
Jam memiliki jarum panjang dan jarum
pendek.
3.
Jarum pendek yang bergerak lambat
menunjukkan angka jam.
4.
Jarum panjang yang bergerak lebih
cepat menunjukkan angka menit.
Perhatikan gambar jam di bawah ini !
Jarum panjang menunjuk angka 12.
Jarum pendek menunjuk angka 3.
Waktu menunjukkan pukul 03.00 dibaca pukul tiga.
Jarum panjang menunjuk angka 12.
Jarum pendek menunjuk angka 11
Waktu menunjukkan pukul 11.00 dibaca
pukul sebelas.
5.
Jika jarum panjang menunjukkan angka
12, dan jarum pendek menunjukkan angka 6, maka jam tersebut ditulis pukul
06.00, dan dibaca pukul enam.
Contoh
Jarum pendek menunjuk angka 6.
Jarum panjang menunjuk angka 12.
Dibaca pukul enam.
Ditulis pukul 06.00
6.
Dalam setiap hari ada 24 jam.
Sementara dalam sebuah jam angka yang terlihat hanya 1 sampai 12.
7.
Dalam sehari jam berputar penuh
sebanyak 2 kali.
8.
Dalam 24 jam ada waktu pagi, siang,
sore, dan malam.
9.
Setelah satu kali putaran atau pukul
12.00 siang, penulisan waktu tidak lagi 01.00, tetapi menjadi pukul 13.00
hingga pukul 24.00 atau jam 12 malam.
Contoh
1.
Berlian bangun pukul 05.00 pagi.
Jarum pendek menunjukkan angka 5.
Jarum panjang menunjukkan angka 12.
Ditulis pukul 05.00
Dibaca pukul lima.
2.
Berlian pulang sekolah pukul 2
siang.
Jarum pendek
menunjukkan angka 2.
Jarum
panjang menunjukkan angka 12.
Ditulis pukul
14.00 = 12.00 + 2 = 14.00
Dibaca pukul
empat belas atau pukul dua siang.
3.
Berlian tidur
pukul 8 malam.
Jarum pendek menunjukkan
angka 8.
Jarum panjang menunjukkan
angka 12
Ditulis pukul 20.00 = 12.00
+ 8 = 20.00
Dibaca pukul dua puluh atau
pukul delapan malam.
PJOK
1.
Kita bisa bermain sambil
berolahraga. Seperti permainan jongkok dan berputar, Ikan dan Udang, Bermain
Petak Jongkok di Air, dan mengangkat tubuh secara berpasangan.
2.
Sebelum bermain harus melakukan pemanasan
terlebih dahulu, agar tidak cidera.
3.
Aturan permainan jongkok dan
berputar sebagai berikut :
a.
Lima orang pemain berdiri melingkar
bergandengan tangan dan berputar sambil menyanyikan sebuah lagu.
b.
Seorang pemain berdiri di luar
lingkaran memberi aba – aba.
c.
Pemberi aba – aba memanggil nama
seorang temannya dan teman yang dipanggil harus berjongkok dan menebak nama
hewan yang ditirukan pemberi aba – aba.
d.
Jika ada aba- aba “bangkit’, maka
pemain berjalan kembali.
e.
Anak yang tidak dapat menebak nama
hewan, harus keluar dari permainan dan berganti peran sebagai pemberi aba –
aba.
4.
Aturan bermain Ikan dan Udang
a.
Pemain membentuk kelompok beranggota
4 – 5 anak.
b.
Permainan diawali dengan hom pim pa.
c.
Anak yang kalah berperan sebagai
ikan, yang lainnya menjadi udang.
d.
Anak yang berperan sebagai ikan
berusaha menangkap pemeran udang yang berlari di kolam.
e.
Jika tertangkap, ia berubah peran
menjadi ikan.
5.
Aturan bermain Petak jongkok
1.
Anak – anak melakukan hom pim pa.
anak yang kalah menjadi pengejar.
2.
Untuk menghindari pengejar, anak –
anak harus jongkok. Bila sudah jongkok, pengejar tidak boleh menyentuhnya.
3.
Jika anak tersentuh sebelum jongkok,
ia menjadi pengejar.
6.
Gerak jongkok atau menekuk lutut
bertujuan melatih kekuatan otot paha dan kelenturan kaki.
7.
Aturan mengangkat tubuh secara
berpasangan :
1.
Pilihlah pasangan yang seimbang.
2.
Posisi duduk di lantai saling
membelakangi dan kedua lengan saling mengait ke belakang.
3.
Angkat badan perlahan – lahan secara
bersama – sama hingga posisi badan berdiri tegak.
8.
Permainan mengangkat tubuh secara
berpasangan ini bertujuan melatih konsentrasi dan kerjasama antar teman.
SBdP
1.
Bernyanyi dapat diiringi dengan alat
musik.Misalnya alat musik ritmis yaitu alat musik yang tidak bernada.
2.
Cara memainkan alat musik ritmis
adalah dengan dipukul, menggunakan tangan atau alat juga bisa digoyang –
goyangkan.
3.
Contoh alat musik ritmis seperti
rebana, kendang, atau marakas.
4.
Saat bernyanyi harus memperhatikan
tekanan nada yang kuat dan lemah.
5.
Tanda < berarti nada dinyanyikan
makin lama makin kuat.
6.
Tanda > berarti nada dinyanyikan
makin lama makin lemah.
7.
Saat menyanyi juga harus
memperhatikan ketukan atau birama.
8.
Ada birama 2/4, ¾, dan 4/4. Lagu
yang memiliki birama 2/4 artinya setiap ruas birama mendapat 2 ketukan, begitu
juga birama 3/4 , 3 ketukan dan 4/4, 4
ketukan
9.
Ada notasi yang memilki ketukan 1
1/2., 1 dan ½.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar